تطوير الـمواد التعليمية لترقية مهارة الكلام للطلاب الصف الخامس بـالمدرسة الدينية التكميلية نور الهداية فجاكان بنكلان(تجديد بين الكتاب مدارج الدروس العربية والكتاب اللغة العربية للدينية التكميلية الأولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makmun, Makmun (2018) تطوير الـمواد التعليمية لترقية مهارة الكلام للطلاب الصف الخامس بـالمدرسة الدينية التكميلية نور الهداية فجاكان بنكلان(تجديد بين الكتاب مدارج الدروس العربية والكتاب اللغة العربية للدينية التكميلية الأولية). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Makmun_F02616138.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada permaslahan mengenai belum tercapainya tujuan madrasah diniyah takmiliyah nurul hidayah pejagan bangkalan, yaitu menerapkan maharoh kalam pada kegiatan sehari-hari di sekolah. Dan tidak adanya buku yang menunjang siswa-siswa agar mempraktikan bahasa arab sederhana pada kegiatan sehari-hari. Buku yang mudah dan menarik bagi siswa-siswa untuk mempelajari bahasa ara, baik itu dari segi kosa kata dan kaidah bahasa arab sederhana. Berlatang belakang tersebut, maka perlu adanya pengembangan materi untuk meningkatkan keterampiln berbicara yang khusus untuk siswa madrasah diniyah takmiliyah nurul hidayah bangkalan.Dengan adanya masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan metode dan pengembangan (research dan development). Penelitian ini menggunakan alat, tes, kusioner dan wawancara. Setelah desain materi pendidikan, peneliti melakukan eksperimen dan menganalisi semua data, buku ini menghasilkan ringkasan sebagai berikut :1)Produk sumber buku ini yakni konten teks dari buku dan metode tersebut di anggap baik 85,46 %, yang berarti buku tersebut sesuai dalam proses pengajaran.2)Bahan ajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, karna berdasarkan pada hasil post-test meningkat dari 56,17 % ke 78,47 % pada post-test. Hal inidi dukung oleh hasil kuesioner dan wawancara yang sebagian siswa mendapatkan nilai bagus dan meningkat dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makmun, Makmunrofileadersejatie@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Materi Ajar; keterampilan Berbicara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Makmun Makmun
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:33
Last Modified: 03 Aug 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item View Item