Peningkatan pemahaman Kata Benda melalui penggunaan media Kartu Kata pada siswa Kelompok A di Raudatul Athfal Jannatul Abror Pandirejo Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujibiah, Nur Kholishotul (2018) Peningkatan pemahaman Kata Benda melalui penggunaan media Kartu Kata pada siswa Kelompok A di Raudatul Athfal Jannatul Abror Pandirejo Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholishotul Mujibiyah_D98214059.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan pemahaman kata pada siswa sangat menarik untuk diperhatikan, dengan hal itu kita dapat mengetahui perkembangan bahasa lisan dan tulis. Kemampuan pemahman kata-kata tersebut yang biasanya siswa gunakan meliputi kata benda, kata sifat, dan kata keterangan. Fakta-fakta yang ditemukan dilapangan masih banyak siswa mengtahui nama benda namun tidak mengetahui segi tulisnya, dan belum dapat menyebutkan nama benda hanya dengan menunjuk pada arah benda tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilaksankan secara kolaboratif. Metode penelitian tindak kelas diawali dengan kegitan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedang yang dimaksud dengan bentuk kolaboratif dalam penelitian ini adalah peneliti berkolaborasi dengan dengan pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Media kartu kata yang digunakan dalam penelitian ini dikatakan dapat meningkatkan pemahaman kata benda pada siswa kelompok A, dilihat dari peningkatan presentase pada setiap siklus. Penelitian ini dirasa cukup dalam dua siklus karena pada siklus kedua presentase yang dicapai sudah mencapai presentase yang diinginkan yakni, 70%. Hasil dari analisis dibuktikan bahwa pada siklus I presentase keberhasilan menacapai 58%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78% setelah diberi tindakan pada setiap pertemuan. Dari hal ini dapat di simpulkan Pembelajaran dengan penggunaan media kartu kata dapat meningkatakan pemahman kata benda pada siswa kelompok A RA Jannatul Abror Plandirejo Plumpang Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujibiah, Nur Kholishotulelisn135@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media Kartu Kata; Kata Benda; PIAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Mujibiyah Nur Khoishotul
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:31
Last Modified: 09 Aug 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25894

Actions (login required)

View Item View Item