Jihad: studi komparasi Jihad menurut Imam Nahrawi dan Jihad menurut Azyumardi Azra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidy, Muhammad Afif (2018) Jihad: studi komparasi Jihad menurut Imam Nahrawi dan Jihad menurut Azyumardi Azra. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afif Zubaidy_F52916015.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengkomparasikan pemikiran Imam Nahrawi dengan Azyumardi Azra tentang jihad ini dibagi dalam tiga rumusan masalah. (1) Bagaimana konsep Jihad menurut Imam Nahrawi dan Azyumardi Azra? dan (2) Bagaimana Perbedaan dan Persamaan konsep Jihad menurut Imam Nahrawi dan Azyumardi Azra?. Peneliti dalam hal ini menggunakan metode komparatif yaitu membandingkan antara dua redaksi yang bermiripan atau lebih dalam konstruk Jihad antara konsep Jihad Imam Nahrawi dengan konsep Jihad Azyumardi Azra dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengertian jihad yang disuguhkan oleh Nahrawi merupakan hasil pemikirannya terhadap upaya pengembangan kepemudaan dengan melihat peran pemuda dalam konteks keislaman dan keindonesiaan. Adapun Azyumardi memulai tulisannya dengan menilik secara historis bagaimana tujuan dari jihad yang sebelumnya dilakukan. Pengertian Jihad yang dibangun oleh Azyumardi yang mendasarkannya pada tujuan dari Jihad sendiri ini dimaknai dengan terminologi perluasan dan juga pembelaan ranah Islam dari agresi kaum kafir. Adapun konsep jihad yang dibangun Nahrawi terbagi dalam beberapa rumusan yakni (1) Islam melihat pemuda, (2)Pemuda perintis perubahan nasional dengan melihat potret nusantara secara historis, (3)Tantangan terkini kaum muda, dan (4) Jihad Soutif, Kontribusi pemuda untuk bangsa.. Adapun konsep yang ditawarkan oleh Azyumardi ini terbagi dalam empat rumusan juga diantaranya adalah (1) Jihad dalam Pendekatan Fiqih, (2) Jihad dalam Konteks Fiqih Siyasi, (3)Tradisi Jihad Masyarakat Muslim, dan (4) Jihad dan Terorisme. Persamaan pengertian Jihad dalam pandangan Nahrawi dan Azyumardi bertemu pada poin penyebaran pengaruh dalam upaya membangun kejayaan islam. Adapun Perbedaanya lebih mengarah kepada objek yang dituju dimana Jihad Nahrawi memusatkan kajiannya pada pemuda namun Azyumadi ruang lingkupnya lebih umum. Persamaan Konsep Jihad yang ditawarkan oleh Imam Nahrawi dan Azyumardi Azra ialah pada pembangunan Integritas dan Spirit Individual. Adapun Perbedaannya lebih menitikberatkan pada ruang lingkup konsepnya yang membatasi pemuda sebagai poros pembangunan bangsa namun Azyumardi mengartikan konsepnya secara luas dan tidak membatasi kajiannya hanya pada pemuda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidy, Muhammad Afifzmuhammadafif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Jihad
Keywords: Jihad
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Zubaidy Muhammad Afif
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:41
Last Modified: 06 Aug 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item