Analisis jaringan komunikasi matematika peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan representasi Graf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayitno, Suprayitno (2018) Analisis jaringan komunikasi matematika peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan representasi Graf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Suprayitno_D94214089.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jaringan komunikasi matematika peserta didik yang terbentuk dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui representasi graf. Peneliti merepresentasikan data komunikasi matematika yang diperoleh dalam bentuk graf. Berikutnya, peneliti menganalisis data yang diperoleh berdasarkan aspek-aspek dari jaringan komunikasi matematika tersebut dalam representasi grafnya, yaitu derajat titik
(keaktifan peserta didik), densitas (intensitas komunikasi matematika), derajat sentralitas (seberapa menonjol peserta didik), sentralitas keperantaraan (seberapa besar peran peserta didik), sentralitas kedekatan (seberapa dekat peserta didik dengan semua peserta didik lain), dan kualitas pesannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap komunikasi matematika peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Data hasil observasi diuji keabsahan datanya dengan melakukan triangulasi berdasarkan video pembelajaran Jigsaw tersebut. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas VIII A MTs Negeri 1 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) dalam pembelajaran Jigsaw sebagian besar peserta didik (lebih dari 58%) cukup aktif dalam komunikasi matematika; (2) intensitas dan potensi komunikasi matematika peserta didik yang mampu dimunculkan selama berlangsungnya pembelajaran Jigsaw adalah sebesar 47% dari intensitas dan potensi komunikasi matematika yang seharusnya dapat dimaksimalkan; (3) persentase peserta didik yang menonjol, cukup menonjol, dan kurang menonjol dalam komunikasi matematika, berturut-turut adalah 12,90%, 67,74%, dan 19,36%; (4) dalam pembelajaran Jigsaw secara keseluruhan, semua peserta didik berperan sebagai perantara dalam komunikasi matematika antar peserta didik lain, meskipun besar peranannya berbeda; (5) dalam pembelajaran Jigsaw setiap peserta didik mempunyai kedekatan yang relatif sama dalam komunikasi matematika, baik dalam menyampaikan ide matematika kepada peserta didik lain maupun dalam mendengarkan dan menerima penyampaian ide matematika dari peserta didik lain; dan (6) dalam pembelajaran Jigsaw secara keseluruhan, peserta didik lebih banyak mengungkapkan dan mengkomunikasikan ide-ide matematikanya dalam bentuk pernyataan dengan kualitas pesan sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayitno, Suprayitnosyitno59@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Jaringan komunikasi matematika; jigsaw; representasi Graf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Suprayitno Suprayitno
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:02
Last Modified: 06 Aug 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25912

Actions (login required)

View Item View Item