Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung: studi kasus pada nasabah BMT An Nur Rewwin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Nur Laili (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung: studi kasus pada nasabah BMT An Nur Rewwin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laili Maghfiroh_G94214179.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian Kuantitatif untuk menjawab Rumusan Masalah mengenai Faktor-Faktor yang dapat mempengaruhi minat dan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat. Teknik Analisis Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas serta Uji Analisis Faktor. Pengumpulan Datanya dengan menyebar Kuisioner, Wawancara dan Dokumentasi. Kemudian Pengambilan Sampelnya dengan teknik Purposive Sampling dimana mengambil sampel dengan melalui pertimbangan pada kriteria – kriteria tertentu. Hasil Penelitian yang didapatkan yaitu terdapat Tujuh Belas Indikator yang dapat mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung, yang Mencakup 6 Faktor yang terbentuk yaitu Pertama, Faktor Reputasi memiliki 3 Indikator meliputi Sudah dikenal di Masyarakat, Bagi Hasilnya Besar, dan Produk sesuai Prinsip Islam. Kedua, Faktor Lokasi memiliki 4 Indikator meliputi Ajakan Teman, Merupakan Lembaga Keuangan Islam, Keamanan, dan Lokasi Strategis. Ketiga, Faktor Bagi Hasil memiliki 4 Indikator meliputi Bagi Hasil yang Jelas, Akses Mudah, Bagi Hasil yang Menguntungkan, dan Dekat dengan Tempat Tinggal. Keempat, Faktor Pelayanan memiliki 2 Indikator meliputi Kesopanan, dan Keramahan. Kelima, Faktor Referensi (Acuan) memiliki 2 Indikator meliputi Bebas Riba dan Relasi. Keenam, Faktor Produk memiliki 2 Indikator meliputi Pemrosesan Cepat dan Kemudahan Transaksi. Dari 6 Faktor yang terbentuk, terdapat Faktor Dominan yang dapat mempengaruhi minat yaitu Faktor Reputasi yang memiliki nilai 18,368. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Faktor Reputasi sangat berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menabung. Berdasarkan Hasil Penelitian, untuk Pihak BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo diharapkan dapat meningkatkan Faktor Reputasi agar dapat memperbanyak Nasabah dalam menggunakan Produk Tabungan di BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Nur Lailimaghfirohnurlaili@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Analisis Faktor; Minat Nasabah; BMT An Nur Rewwin
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maghfiroh Nur Laili
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:08
Last Modified: 06 Aug 2018 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25949

Actions (login required)

View Item View Item