Edupreneurship dalam mengembangkan karakter kemandirian santri: studi multikasus pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Zumrotus (2018) Edupreneurship dalam mengembangkan karakter kemandirian santri: studi multikasus pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotus Sholikhah_F02316075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kegiatan edupreneurship dalam mengembngkan karakter kemandirian santri. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana konsep edupreneurship di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik. 2. Bagaimana pelaksaanaan edupreneurship di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik. 3. Bagaimana karakter kemandirian santri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatannya adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sesuai rumusan masalah di atas ditemukan hasil penelitian. 1. Konsep edupreneurship dipondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo menerapkan konsep, yaitu pesantren entrepreneur, spiritual entreprenur, behavior entrepreneur, dan manajemen entrepreneur. Sedangkan di pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik menerapkan konsep, yaitu edupreneurship rahmatal lil alamin, pribadi entrepreneur, dan manajemen entrepreneur. 2. Pelaksanaan kegiatan edupreneurship di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo diikuti oleh seluruh santri, unit usaha kopi, pelatihan rutin tentang entrepreneurship (ngaji sugih), menggunakan teknologi dan evaluasi. Sedangkan pelaksanaan edupreneurship di pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik yaitu kegiatan wirausaha diikuti sebagian santri, unit usaha diantaranya MBS Water, tahu, roti, kopontren, home industri, dan MBM (Markaz Bait al Musa’adah), pelatihan entrepreneurship, dan menggunakan teknologi. 3. Karakter kemandirian yang dikembangkan oleh pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan pondok pesantren Mambaus Sholihin Gresik yaitu karakter kemandirian emosiaonal, karakter kemandirian ekonomi, karakter kemandirian intelektual, karakter kemandirian sosial, dan karakter kemandirian nilai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Zumrotuszumrotussholikhah27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Wirausaha
Santri
Keywords: Edupreneurship; santri; kemandirian; karakter;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholikhah Zumrotus
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:02
Last Modified: 03 Aug 2018 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25973

Actions (login required)

View Item View Item