Nilai politik pada Surat Yusuf: kajian Tafsir Fi Zilal Al Quran karya Sayyid Quthb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nizar, Abu Assahab (2018) Nilai politik pada Surat Yusuf: kajian Tafsir Fi Zilal Al Quran karya Sayyid Quthb. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Abu Nizar Assahab.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Surat Yusuf adalah termasuk surat Makkiyah yang diturunkan pada masa-masa sulit yakni antara tahun kesedihan karena kematian Abu Thalib dan Khadijah yang merupakan sosok yang menjadi sandaran Rasulullah SAW, maka masa itu dikenal dengan sebutan ‘Am al H{uzn. Oleh karena surat ini turun bertujuan untuk menghibur hati beliau yang berduka. Memang secara dhahir ayat surat ini terkesan dengan kisah percintaan beliau dengan Siti Zulaikha, selain itu dari segi fadhilah surat, surat yusuf ini mempunyai beberapa keutamaan yakni bacaan surat ini dikhususkan pada ibu yang hamil itu dengan harapan anaknya dapat menyerupai Nabi Yusuf dalam hal keimanan dan ini sudah menjadi kebiasaan umum dalam masyarakat kita. Maka anggapan seperti ini agaknya kurang sesuai, karena apabila kita teliti lebih dalam lagi maka akan tampak nilai perilaku politik pada surat ini. Perilaku politik pada surat Yusuf ini terbukti dengan adanya konflik dalam keluarga yang melibatkan saudara kandung Yusuf bernama Bunyamin, saudara tirinya yang berjumlah 10 orang yakni Jad, Asyir, Dan, Deftail, Yasjar, Robalen, Yahuza, Lewi, Syam’un, dan Tobel. dan seorang ayah bernama Nabi Ya’kub yang dipicu oleh kecemburuan karena perbedaan kasih sayang orang tua yang dirasakan oleh satu pihak. Untuk memenangkan konflik itu, satu pihak menggunakan taktik, strategi, rekayasa dan tipu muslihat. Dalam dunia politik hal ini kerap terjadi, suatu golongan akan melakukan segala cara demi mendapatkan apa yang mereka inginkan. Maka tidak jarang masyarakat menganggap istilah politik itu identik dengan hal yang buruk. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mentelaah dan mempelajari semua bahan yang berhubungan dengan fokus penelitian. Sedangkan mengenai pendekatan yang dipakai adalah pendekatan tafsir metode maudhu>’i. kemudian dalam hal teknik analisa data peneliti menggunakan analisis isi. selanjutnya setelah data terkumpul peniliti mengambil sebuah kesimpulan dengan cara deduktif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada surat yusuf terdapat beberapa nilai pendidikan politik dintaranya pertama kepercayaan dan keahlian itu harus dimiliki oleh setiap pemain politik, kedua hendaknya tidak terlalu terbuka dengan rival politik, ketiga harus selalu waspada dalam kondisi apapun karena dalam berpolitik teman bisa menjadi lawan, keempat Politik itu penuh dengan konflik dan rekayasa. Dengan dijelaskannya berbagai perilaku politik dalam al-Qur’an maka seharusnya umat Islam itu melek politik. Mereka seharusnya unggul dalam berpolitik, atau paling tidak jangan menjadi korban politik. Politik itu diperlukan supaya masalah selesai dengan baik. Dengan demikian politik sangat diperlukan dalam masyarakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nizar, Abu Assahabassaha50@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Politik; Surat Yusuf; Kitab
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Assahab M. Abu Nizar
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:09
Last Modified: 18 Jun 2019 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26000

Actions (login required)

View Item View Item