Komunikasi organisasi CV. Circle Organizer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Idrus, M. Adam Husein (2018) Komunikasi organisasi CV. Circle Organizer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Adam Husein Al Idrus_B76212106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini adalah; (1) Bagaimana komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan CV. Circle Organizer, (2) Bagaimana komunikasi organisasi yang dilakukan dalam mengelola sumber daya di CV. Circle Organizer. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai komunikasi organisasi yang ada di CV. Circle Organizer. Kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan teori informasi organisasi (Karl Weick). Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Proses komunikasi organisasi yang terjadi antara pimpinan dan karyawan CV. Circle Organizer memakai sistem kekeluargaan dalam penyampaian pesan. Gaya komunikasi organisasi yang mana setiap anggota organisasi berhak mengungkapkan gagasan ataupun pendapat dalam suasana rileks, santai dan informal, merupakan gaya komunikasi Equalitarian. Bentuk dari proses komunikasi secara kekeluargaan ini terjadi dalam interaksi antara pimpinan dan bawahan pada kegiatan evaluasi setiap hari rabu, dan pada kesempatan sharing permasalahan pribadi setiap karyawan. (2) Proses komunikasi organisasi yang dilakukan dalam mengelola sumber daya di CV. Circle Organizer, ialah setiap karyawan terlebih dahulu diberikan bekal ilmu dasar sampai mereka mampu bekerja dengan baik. Pengenalan bagian kerja dan apa yang akan dikerjakan merupakan hal utama yang diberikan oleh pimpinan sebelum karyawan tersebut terjun langsung dalam pekerjaan yang dilakukannya. Serta melakukan pelatihan mengenai alat-alat baru yang ada di Circle Organizer, dengan mendatangkan ahli dari luar organisasi. Beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Circle Organizer adalah; (1) secara internal lebih mengoptimalkan seluruh staff dan karyawan dengan mempertahankan prinsip kekeluargaan sebagai bentuk komunikasi organisasi yang maksimal. (2) kepada semua karyawan, ketika memiliki permasalahan pribadi yang tidak dapat diselesaikan, disarankan untuk memaksimalkan kegiatan sharing dengan pimpinan Circle Organizer, sehingga mampu memberikan solusi-solusi terbaik demi tetap tercipta kinerja yang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Idrus, M. Adam Huseinm_adam_husein@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Komunikasi; Organisasi; Komunikasi Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Idrus M. Adam Husein al
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:17
Last Modified: 06 Aug 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item View Item