Deteksi bakteri Escherichia coli O157:H7 pada sampel air di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan metode multiplex PCR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihayati, Khoirun (2018) Deteksi bakteri Escherichia coli O157:H7 pada sampel air di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan metode multiplex PCR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khoirun Nihayati_H91214029.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diare merupakan penyakit yang berpotensi menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan sering disertai dengan kematian. Umumnya penyebab diare yaitu infeksi oleh mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut umumnya menginfeksi saluran pencernaan manusia melalui makanan dan air yang telah tercemar (food or water borne disease). UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan Universitas dalam tahap menuju eco-campus. Eco-campus identik dengan lingkungan kampus yang hijau, asri, bersih, termasuk kebersihan air. Salah satu bakteri penyebab diare yaitu Escherichia coli. Enterohaemorrhagic E. coli (EHEC) merupakan strain bakteri E. coli yang paling berbahaya karena memproduksi Shiga like toxin, yang menyebabkan penyakit Haemorrhagic Colitis (HC) dan Haemolitic Uremic Syndrom (HUS). Kontaminasi makanan dan air telah teridentifikasi sebagai sumber yang potensial dari penyebaran patogenitas EHEC pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi bakteri Escherichia coli O157:H7 pada sampel air di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan metode multiplex PCR dengan menggunakan beberapa primer spesifik terhadap gen target dalam satu reaksi. Gen-gen tersebut diantaranya fliCh7, rfbE, stx1, stx2, eaeA dan hly. Amplifikasi dilakukan selama 35 siklus, pada predenaturasi 94˚C-2 menit, denaturasi 94˚C-20 detik, annealing 63˚C-1 menit, dan extension 72˚C-1 menit, dan post-extention 72˚C-10 menit, dilanjutkan elektroforesis gel agarosa 2% dan visualisasi menggunakan gel documentation. Dari hasil pengujian, 30 sampel positif bakteri coliform, 28 sampel positif bakteri Escherichia coli dan 12 sampel positif terhadap E. coli O157:H7. Sampel yang positif terhadap E. coli O157:H7 memiliki gen virulen yang berbeda-beda diantaranya stx1, fliCh7, eaeA, dan rfbE. Perlu dilakukan analisis dari semua sistem pengairan untuk menentukan masuknya kontaminasi coliform, E. coli dan E. coli O157:H7.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihayati, Khoirunkhoirun.nihayati15@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Kesehatan
Kesehatan

Lingkungan Hidup
Keywords: Diare; Escherichia coli O157:H7; metode multiplex PCR
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nihayati Khoirun
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:50
Last Modified: 03 Aug 2018 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26006

Actions (login required)

View Item View Item