Pengaruh ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava) terhadap morfologi spermatozoa mencit (Mus musculus) yang terpapar asap rokok (sidestream smoke)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ustatik, Ustatik (2018) Pengaruh ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava) terhadap morfologi spermatozoa mencit (Mus musculus) yang terpapar asap rokok (sidestream smoke). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ustatik_H91214032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Asap rokok mengandung banyak senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar ROS dalam tubuh. Sedangkan buah jambu biji merah (Psidium guajava) memiliki senyawa yang bersifat antioksidan seperti, likopen dan vitamin C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava) terhadap morfologi spermatozoa mencit (Mus musculus) yang terpapar asap rokok. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Subyek penelitian menggunakan 24 ekor mencit jantan yang dibagi menjadi 6 kelompok, K1, K2, K3, K4, K5, dan K6 yang berturut-turut kontrol positif, kontrol negatif (paparan asap rokok 2 batang/hari), paparan asap rokok 2 batang/hari dan dosis ekstrak 2.5 mg/BB/hari, 5 mg/BB/hari, 7.5 mg/BB/hari, dan 10 mg/BB/hari. Perlakuan tersebut dilakukan selama 35 hari. Hasil penelitian menunjukkan dosis paling optimal dalam menangkal radikal bebas dari asap rokok adalah 7.5/BB/hari. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan likopen dan vitamin C yang cukup baik dalam menangkal efek ROS yang ditimbulkan oleh asap rokok. Hasil analisis statistik One Way ANOVA menujukkan ρ value = 0.00 (ρ<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap presentase morfologi spermatozoa mencit (Mus musculus) yang terpapar asap rokok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ustatik, Ustatikustatik68@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Kesehatan
Kesehatan

Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Buah jambu biji merah (Psidium guajava); asap rokok (Sidestream Smoke); presentase morfologi spermatozoa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ustatik Ustatik
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:37
Last Modified: 03 Aug 2018 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item