Implementasi Manajemen Risiko terhadap Pembiayaan Modal Kerja di BPRS Jabal Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andini, Melisa S (2018) Implementasi Manajemen Risiko terhadap Pembiayaan Modal Kerja di BPRS Jabal Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Melisa S Andini_G74214105.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiayaan modal kerja dan implementasi manajemen risiko pembiayaan terhadap pembiayaan modal kerja di BPRS Jabal Nur Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan AO (Account Officer) sebagai pihak yang menangani pembiayaan di BPRS Jabal Nur Surabaya. Data juga berasal dari dokumentasi laporan keuangan dan kinerja perusahaan yang telah diaudit dan terpublikasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pembiayaan modal kerja di BPRS Jabal Nur Surabaya dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pihak bank, yakni pertama debitur datang ke kantor untuk mengajukan pembiayaan, kedua bank memeriksa BI checking nasabah, ketiga melakukan survey ke tempat nasabah, keempat melakukan analisis pembiayaan yang terdiri dari character, capacity, capital, collateral, condition, dan syariah. Sedangkan implementasi manajemen risiko pembiayaan terhadap pembiayaan modal kerja di BPRS Jabal Nur Surabaya terdapat pada analisis pembiayaan yang terdiri dari prinsip 5C+1S, namun implementasinya tidak berjalan dengan baik. BPRS Jabal Nur Surabaya diharapkan mampu meningkatkan implementasi manajemen risiko pembiayaan terhadap pembiayaan modal kerja untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah yang menyebabkan tingkat NPF menjadi tinggi yang dapat berakibat pada kesehatan bank. Pada penelitian berikutnya yang mengangkat topik yang sama diharapkan mampu melengkapi segala kekurangan dari data penelitian ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andini, Melisa Smelisasandini15@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Manajemen Risiko; Pembiayaan Modal Kerja; NPF (Non Performing Financing)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Andini Melisa S
Date Deposited: 06 Aug 2018 02:03
Last Modified: 06 Aug 2018 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26045

Actions (login required)

View Item View Item