Analisis manfaat profitabilitas bisnis Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Surabaya terhadap kesejahteraan anak yatim piatu dan dhuafa’

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Shofiatush (2018) Analisis manfaat profitabilitas bisnis Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Surabaya terhadap kesejahteraan anak yatim piatu dan dhuafa’. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiatush Sholikhah_F12416284.pdf

Download (36MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang profitabilitas bisnis di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Surabaya. Untuk mendapatkan penjelasan terkait pemberian santunan dari profit bisnis Panti Asuhan Aiyiyah II Surabaya terhadap kesejahteraan anak yatim piatu dan dhuafa (non panti) di Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan penelitian pada Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Surabaya dan penerima santunan dari profit bisnis panti. Dalam penelitian ini penulis menyelidiki proses, serta memperoleh pengertian yang mendalam dari individu, kelompok, atau instansi yang terkait dengan profitabilitas bisnis Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Surabaya terhadap kesejahteraan anak yatim piatu dan dhuafa`. Profitabilitas koperasi mengalami peningkatan jumlah SHU dari tahun 2016 ke tahun 2017 dan perhitungannya 100% SHU menjadi profit yang didapatkan oleh koperasi. Sedangkan untuk perhitungan profitabilitas kos-kosan, perhitungan keuntungan yang didapat yaitu 1,5% dari aset yang dimilik. Sedangkan profit yang didapatkan sebesar 70% dari pendapatan operasional. Perbandingan pemasukan dari profit bisnis panti dan pengeluaran santunan terdapat selisih kekurangan. Kekurangan tersebut karena tidak semua bisnis menghasilkan profit. Untuk pemberian santunan dari profit bisnis panti, anak yatim piatu dan dhuafa’ sangat merasakan manfaat dari pemberian sembako untuk menghilangkan rasa lapar dan serta dapat meringankan biaya pendidikan meskipun tidak dapat mencukupi seluruh kebutuhan sekolah. Sedangkan dalam memenuhi indikator yang lain seperti peningkatan menyembah Allah, Dalam menghilangkan rasa takut, membuat rasa aman, nyaman dan tentram pihak panti tidak berperan untuk menjamin keadaan tersebut karena para penerima santunan masih dalam pengawasan keluarga dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Peningkatan tingkat kehidupan, tingkat pendapatan, memperluas skala ekonomi serta ketersediaan peningkatan jenjang sosial juga tidak dapat dirasakan secara maksimal karena pihak panti memang memberikan dana santunan untuk biaya konsumtif bukan dana produktif yang dapat dikembangkan. Untuk mendukung peningkatan kesejahteraan anak yatim piatu dan dhuafa’ (non-panti), sebaiknya pihak panti dalam mengelola profit bisnis disarankan untuk mempeerhitungkan alokasi penggunaan keuntungan. Agar bisnis yang dimiliki dapat mengatur dan mentargetkan keuntungan yang lebih banyak. Dengan perhitungan profit yang baik, diharapkan dapat memperbanyak santunan yang diberikan dan semakin banyak pula penerima santunan hingga dapat dirasakan secara merata oleh anak yatim piatu dan dhuafa’ di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Shofiatushshofiasholikhaha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Panti Asuhan
Keywords: Bisnis; Profitabilitas; Kesejahteraan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sholikhah Shofiatush
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:07
Last Modified: 24 Apr 2019 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26050

Actions (login required)

View Item View Item