Pengaruh quality, price, convenient, halal knowledge terhadap perilaku pembelian bahan baku bersertifikasi halal pelaku usaha mikro kuliner non sertifikasi halal di Sidoarjo Jawa Timur dengan Theory Planned of Behaviors sebagai variabel antecedent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekawati, Dian (2018) Pengaruh quality, price, convenient, halal knowledge terhadap perilaku pembelian bahan baku bersertifikasi halal pelaku usaha mikro kuliner non sertifikasi halal di Sidoarjo Jawa Timur dengan Theory Planned of Behaviors sebagai variabel antecedent. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dian Ekawati_F02416082.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Theory of Planned Behaviors (TPB) yang dikembangkan oleh Ajzen. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji bagaimana perilaku pelaku usaha dalam melakukan pembelian bahan baku bersertifikat halal yang dilandasi Theory of Planned Behaviors (TPB). Pembelian suatu bahan baku pangan merupakan suatu aktifitas yang sudah direncanakan oleh pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan indikator customer value dan halal knowledge sebagai faktor yang akan mempengaruhi indikator TPB. Customer value terdapat tiga indikator, yaitu kualitas produk (quality of product), harga produk (price of product), produk mudah didapat (convenient of product). Sedang indikator pada TPB adalah attitude toward behavior (AT), subjective norm (SN) dan perceived behavioral control (PBC). Penelitian ini adalah sebuah explanatory research yakni menjelaskan kausalitas suatu hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan pedekatan kritis, agar peneliti tidak terlalu mempercayai sesuatu yang sifatnya nyata dan berupaya untuk menyelidiki suatu teori. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur dengan sasaran atau responden adalah para pelaku usaha mikro kuliner yang berada dalam daerah penelitian yang belum memiliki sertifikasi halal MUI. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berupa pelaku usaha mikro kuliner di Sidoarjo. Jumlah sampel yang gunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Partial Least Square Structural Equation Model Analysis (analisis PLS SEM). Untuk pengujian menggunakan t-statistik adalah dengan menggunakan nilai alpha 5%, df 100 yaitu sebesar 1,984. Sedang jika menggunakan nilai probabilitas adalah dengan menggunakan standart nilai p-value, yaitu 0,05. Berdasarkan hasil pengujian, halal knowledge memiliki hubungan yang paling significant terhadap variabel TPB, diantara variable yang berpengaruh lainnya. Nilai t value pada halal knowledge adalah sebesar 7.002 terhadap AT, sebesar 4.240 terhadap SN dan sebesar 2.481 terhadap PBC. Sedangkan intension terbukti menjadi predictor bagi behavior dimana purchase intension berpengaruh terhadap purchase behavior sebesar 10.396.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekawati, Diandee.ekawati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Perilaku pembelian; bahan baku; TPB
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ekawati Dian
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:23
Last Modified: 24 Apr 2019 01:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26066

Actions (login required)

View Item View Item