Heterogenitas kata ganti Tuhan dalam proses penciptaan manusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Ummul (2018) Heterogenitas kata ganti Tuhan dalam proses penciptaan manusia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ummul Khoiriyah _ F02516124.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang proses penciptaan manusia pada aspek ruh, yang mencakup tentang keragaman kata ganti (dhamir)Tuhan yang digunakan dalam ayat-ayat tentang proses penciptaan. hal ini membuktikan muatan nilai yang sangat spektakuler dalam bahasa al Qur'an. dalam hal ini tidak banyak mufasir yang memberikan penjelasan secara detail terkait keragaman dhamir tersebut. salah satu mufasir yang memberikan penjelasan secara detail tentang makna tersebut adalah Fakhruddin al-Razi dalam kitab tafsirnya "Mafatih al-Ghaib" merupakan tafsir yang komprehensif dan salah satu corak tafsirnya adalah bahasa. Ada dua persoalan penting yang hendak dijawab dalam penelitian ini, yang pertama, bagaimana heterogenitas kata ganti Tuhan dalam ayat-ayat al-Qur'an tentang proses penciptaan manusia dalam al-Qur'an. kedua, bagaimana penafsiran Fakhruddin al-Razi tentang penggunaan kata ganti Dhamir yang berbeda dalam ayat-ayat al-Qur'an tentang penciptaan manusia. untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini mengkaji kitab tafsir mafatih al-ghaib dan beberapa kitab lainnya yang membahas tema yang sama. jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. data-data yang telah diperoleh tersebut kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan pendekatan bahasa. dengan demikian penelitian ini menghasilkan dua poin kesimpulan berikut. pertama, ditemukannya beragam penggunaan dhamir yang berbeda sebagai kata ganti Tuhan dalam ayat-ayat penciptaan manusia dalam al-Qur'an. kedua, ditemukan makna dan penafsiran yang beragam dari penggunaan kata ganti (dhamir) yang berbeda dalam ayat-ayat tentang penciptaan manusia dalam tafsir "Mafatih al-Ghaib" sebagaimana dijelaskan dalam bab penafsiran dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, UmmulUmmulkhoiriyah17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Heterogenitas kata ganti (dhamir); Tafsir Mafatih alGhaib
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Khoiriyah Ummul
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:22
Last Modified: 18 Jun 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item