تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلاب الفصل الثاني عشر في المدرسة العالية الحكومية سنة 2018/2017 م سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Nurul Fitri (2018) تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلاب الفصل الثاني عشر في المدرسة العالية الحكومية سنة 2018/2017 م سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Fitri Khotimah_A91214104.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tahlil Akhta’ adalah kajian kesalahan yang dilakukan oleh peneliti bahasa dan mencoba mendefinisikan penyebab dari kesalahan tersebut untuk memberi evaluasi yang benar. Dalam hal ini peneliti memfokuskan penelitian pada kesalahan imla’. Imla’ adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara menulis yang baik dan benar dengan berpedoman pada aturan-aturan yang telah disepakati oleh para ahli bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang terdapat pada tulisan Bahasa Arab Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo, sebab terjadinya kesalahan agar tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan dikemudian hari. Peneliti memilih Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah berbasis Islam yang didalamnya juga mempelajari Bahasa Arab. Dalam penelitian ini, peneliti memperoleh 25 tulisan santri kelas tiga Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo untuk dianalisis. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Metode Kualitatif dengan cara menganalisis kesalahan dengan cara mengumpulkan data dari beberapa siswa untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat pada tulisan-tulisan tersebut. Langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan tersebut yaitu pertama, mengumpulkan data lembar tulisan siswa-siswi; kedua, mengidentifikasi kesalahan; ketiga, menjelaskan kesalahan; keempat, mengevaluasi tulisan. Skripsi ini berangkat dari permasalahan siswa dalam mengaplikasikan imla’. Peneliti menemukan beberapa kesalahan para siswa dalam penulisan imla’ seperti dalam hal berikut ini: 1. Kesalahan dalam penggunaan Hamzah Qatha’; 2. Kesalahan dalam penggunaan Ta’ Marbuthah; 3. Kesalahan dalam penggunaan Alif Layyinah; 4. Kesalahan dalam penambahan dan pembuangan huruf. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Kesalahan dalam imla’ ialah kesalahan yang terdapat pada penulisan, baik berupa pembuangan, penambahan dan penempatan huruf yang tidak benar; 2. Kebanyakan dari kesalahan mereka terletak pada penggunaan Hamzah Qatha’ dan penambahan serta pembuangan huruf alif; dan 3. Sebab dari kesalahan mereka adalah ketidaktahuan mereka terhadpat aturan-aturan yang telah disepakati oleh para ahli bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Nurul Fitrinurulfitrikhotimah7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Tahlil Akhta'; Imla'iyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khotimah Nurul Fitri
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:33
Last Modified: 06 Aug 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26077

Actions (login required)

View Item View Item