، إعداد المواد التعليمية لترقية المهارات اللغوية : بحث تطويري لطلبة الصف الثامن في مدرسة واحد هاشم المتوسطة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Nur (2018) ، إعداد المواد التعليمية لترقية المهارات اللغوية : بحث تطويري لطلبة الصف الثامن في مدرسة واحد هاشم المتوسطة سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Faridah_F12616317.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Wachid Hasyim Surabaya menggunakan buku paket dari kementrian agama RI sesuai kurikulum 2013. Kitab yang digunakan terdapat kekurangan materi yang berupa teks dan hiwar, penulis mengamati materi tarkib Nahwiyah juga terbatas dan tidak banyak, begitu juga latihan-latihan dan pertanyaan pemahaman juga sedikit sekali di setiap babnya. Maka dari itu penulis ingin mendesain bahan ajar yang bagus dan sesuai kurikulum 2013 kementrian agama RI karena kurikulum dapat membantu untuk menertibkan proses belajar mengajar pada sekolah khususnya dalam pembuatan materi ajar bagi penulis. Penulis menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Sampel yang diambilkan adalah para siswa kelas 8 MTs yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan bahan ajar yang terdesain memiliki beberapa proses tahap pembuatan agar memiliki karakter sebagai peningkatan kemampuan bahasa. 2) Penerapannya dilihat dari proses pembuatan, langkah – langkah, dan ujicoba. 3) Adanya efektifitas dari materi ajar dibuktikan dengan adanya perubahan dari nilai pretest dan post test berdasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Nurnurfaridah2495@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: 4 Keterampilan Bahasa Arab; Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Faridah Nur
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:24
Last Modified: 06 Aug 2018 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item