Pembentukan perilaku keagamaan melalui budaya sekolah: studi multi kasus pada SD plus Nurul Hikmah Pamekasan dan MI Sirojut Tholibin I Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ansyori, Miftahol (2018) Pembentukan perilaku keagamaan melalui budaya sekolah: studi multi kasus pada SD plus Nurul Hikmah Pamekasan dan MI Sirojut Tholibin I Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahol Ansyori_F12315214.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan dan MI. Sirojut Tholibin I Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan(1) Budaya sekolah di SD Plus Nurul Hikmah dan di MI. Sirojut Tholibin I Pamekasan. (2) Perilaku keagamaan yang dibentuk melalui budaya sekolah di SD Plus Nurul Hikmah dan di MI Sirojut Tholibin I Pamekasan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembentukan perilaku keagamaan melalui budaya sekolah di SD Plus Nurul Hikmah dan di MI. Sirojut Tholibin I Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Budaya sekolah di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan dan MI Sirojut Tholibin I Pamekasan tergolong baik dan positif. Hal tersebut dilihat dari dimensi tampilan fisik dan dimensi aktifitas serta budaya positif dan program yang berkembang di dua sekolah tersebut. (2) Perilaku keagamaan yang terbentuk di SD Plus Nurul Hikmah diantaranya adalah sholat berjemaah, ngaji al-Qur’an yang baik, akhlak yang baik (5S), kejujuran, kedisiplinan, dan pola hidup bersih. Adapun perilaku keagamaan yang terbentuk melalui budaya sekolah di MI. Sirojut Tholibin I Pamekasan diantaranya adalah pembiasaan sholat berjemaah, ngaji al-Qur’an yang baik, kesopanan dan ketaatan pada guru di dalam dan di luar sekolah. (3) Faktor pendukung di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan dan MI. Sirojut Tholibin I Pamekasan diantaranya adalah partisipasi guru yang tinggi, Teamwork, lingkungan sekolah, dan Kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan partisipatif. Adapun yang menjadi faktor penghambatnya adalah minimnya pengawasan (controlling), kurangnya pemodelan dari guru (modelling), serta kurangnya partisipasi wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ansyori, Miftaholdatamiftah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Pembentukan perilaku; Budaya sekolah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ansyori Miftahol
Date Deposited: 06 Aug 2018 01:56
Last Modified: 06 Aug 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26131

Actions (login required)

View Item View Item