Integrasi nilai Islam Moderat dan Nasionalisme pada pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren: studi multi kasus di MI Miftahul Ulum Driyorejo Gresik dan MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munfa'ati, Kusnul (2018) Integrasi nilai Islam Moderat dan Nasionalisme pada pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren: studi multi kasus di MI Miftahul Ulum Driyorejo Gresik dan MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian Sidoarjo. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Kusnul Munfa'ati_F52A16206.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Islam moderat merupakan paham keberagamaan yang mempunyai pandangan atau sikap yang selalu berusaha mengambil jalan tengah dari dua sikap yang berseberangan. Nasionalisme adalah manifestasi dari rasa kesetiaan dan kecintaan tertinggi terhadap tanah air, negara dan bangsa. Adapun nilai Islam Moderat mencakup karakter religius, toleransi, demokratis, cinta damai, dan peduli sosial. Sedangkan nilai nasionalisme mencakup karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Tesis ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1. Bagaimana bentuk dan proses integrasi nilai Islam moderat dan nasionalisme pada pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum Driyorejo dan MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian. 2. Bagaimana outcome dari integrasi nilai Islam moderat dan nasionalisme pada pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum Driyorejo dan MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian. 3. Bagaimana persamaan dan perbedaan dari integrasi nilai Islam moderat dan nasionalisme pada pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum Driyorejo dan MI Bahrul Ulum Sahlaniyah Krian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mix methods). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk dan proses integrasi nilai Islam moderat dan nasionalisme yakni melalui pembelajaran, melalui budaya madarasah dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Outcome rata-rata nilai Islam moderat dan nasionalisme di MI Miftahul Ulum adalah 3,695 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan outcome rata-rata nilai Islam moderat dan nasionalisme di MI Bahrul Ulum Sahlaniyah adalah 3,335 yang termasuk dalam kategori baik. Persamaan dari integrasi nilai Islam moderat dan nasionalisme pada kedua madrasah adalah terletak pada bentuk integrasinya. Terdapat beberapa perbedaan pada proses integrasinya dan perbedaan yang paling mendasar dari kedua madrasah terletak pada outcome nilai Islam moderat dan nasionalisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munfa'ati, Kusnulmun.faati22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Nasionalisme
Keywords: Nilai Islam Moderat; Nilai Nasionalisme; Pendidikan Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munfa'ati Kusnul
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:08
Last Modified: 06 Aug 2018 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26133

Actions (login required)

View Item View Item