Peranan dan sumbangan Datuk Haji Mohamad Mortadza bin Haji Daud terhadap perkembangan Islam di Kuching, Sarawak, Malaysia (1964-2002)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afdhaluddin, Mohammad bin Mohamed Asri (2018) Peranan dan sumbangan Datuk Haji Mohamad Mortadza bin Haji Daud terhadap perkembangan Islam di Kuching, Sarawak, Malaysia (1964-2002). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Afdhaluddin bin Mohamed Asri_A42212112.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini memfokuskan penelitian tentang biografi Datuk Haji Mohamad Mortadza bin Haji Daud. Penulis juga menjelaskan sumbangan beliau dalam perkembangan Islam di Kuching, Sarawak dari sudut dakwah, pendidikan dan terhadap perkembangan kutipan zakat. Penulis menjelaskan tentang sumbangan beliau dalam fatwa dan menyatakan fatwa yang ditetapkan oleh beliau pada tahun 1994-2002. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode sejarah dengan pendekatan historis dan sosiologis. Metode sejarah digunakan untuk mendeskripsikan biografi tokoh yang dikaji dari aspek latarbelakang dan karir. Pendekatan historis dan sosiologis digunakan untuk mendeskripsikan peran dan sumbangan Datuk Haji Mohamad Mortadza bin Haji Daud dalam menyebarkan Islam di Kuching, Sarawak. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori peranan sosial yang disodorkan oleh Erving Goffman bagi mendeskripsikan peran dan sumbangan tokoh ini. Selain itu teori interaksionisme simbolik dari Halbert Blumer dan teori perubahan dari Max Weber juga turut digunakan. Dari hasil penelitian ini, dapat penulis nyatakan bahwa Datuk Haji Mohamad Mortadza bin Haji Daud sejak kecil telah diajar dengan ajaran Islam oleh keluarganya. Antara jabatan tertinggi yang dijabat beliau adalah Presiden Majlis Islam Sarawak, Ketua Pengelola Tabong Zakat dan Fitrah, Ketua Pengelola Pelajaran Dewasa, Yang Di Pertua Angkatan Nahdlatul Islam Bersatu dan Mufti di Lembaga Mufti Negeri Sarawak. Dari jabatan tersebut, beliau banyak berkontribusi dalam perkembangan Islam di Sarawak. Antara sumbangan beliau adalah mengislamkan hampir dua puluh ribu orang non-muslim di Sarawak. Selain itu beliau juga melaksanakan hukum khas untuk administrasi zakat yaitu Undang-undang Zakat dan Fitrah 1966 dan Undang-undang Zakat dan Fitrah (pindaan) 1970. Selain itu dalam pendidikan beliau mendirikan sekolah Dato Abdul Rahman (SEDAR) yang merupakan sekolah dwi pendidikan pertama di Kuching, Sarawak. Antara sumbangan beliau dalam fatwa adalah fatwa mengenai pengharaman Kumpulan Darul Arqam, fatwa tentang hukum transfer dan donor organ, fatwa tentang hukum transfer makam orang Islam dan fatwa tentang kumpulan anti Hadith.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afdhaluddin, Mohammad bin Mohamed Asriafdhalmu93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Datuk Haji Mohamad Mortadza bin Haji Daud; sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohammad Afdhaluddin Mohamed Asri
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:53
Last Modified: 06 Aug 2018 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26149

Actions (login required)

View Item View Item