Sejarah dan perkembangan Persatuan Cina Muslim Malaysia Tahun 1994-2017 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rauf, Mohd bin Safri (2018) Sejarah dan perkembangan Persatuan Cina Muslim Malaysia Tahun 1994-2017 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Rauf bin Safri_A42213111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) bagaimana sejarah berdirinya Persatuan Cina Muslim Malaysia (MACMA)? (2) bagaimana perkembangan Persatuan Cina Muslim Malaysia (MACMA) tahun 1994-2017? (3) apa faktor pendukung dan penghambat dalam Persatuan Cina Muslim Malaysia (MACMA)? Penulis menggunakan pendekatan sejarah untuk mendeskripsikan peristiwa terjadi pada masa lampau. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial. Perubahan sosial adalah semua perubahan pada lembaga masyarakat di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sejarah berdirinya Persatuan Cina Muslim Malaysia (MACMA) adalah karena faktor pentingnya sebuah organisasi diwujudkan berperan sebagai mengembangkan ajaran Islam, membangun masyarakat Cina Muslim berwibawa juga merupakan salah satu tujuannya. (2) perkembangan Persatuan Cina Muslim Malaysia (MACMA) terbahagi kepada tiga tahapan, yaitu perkembangan cabang-cabang, aktivitas-aktivitasnya, dan terakhir periode pemerintahan Persatuan Cina Muslim Malaysia (MACMA). (3) Faktor utama mendukung organisasi ini adalah kecekapan kepemimpinan. Di mana dengan ketokohan beliau dapat mengendali organisasi ini dengan baik dan mendapat kepercayaan masyarakat. Manakala penghambat organisasi ini adalah faktor pola pikir bangsa Cina itu sendiri. Mereka beranggapan bahwa jika mereka memeluk agama Islam, mereka harus mengganti nama dan di Malaysia beragama Islam harus menjadi orang Melayu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rauf, Mohd bin Safrimohammadrauf2095@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masjid
Organisasi Masyarakat
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Persatuan Cina Muslim Malaysia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohammad Rauf
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:41
Last Modified: 06 Aug 2018 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26159

Actions (login required)

View Item View Item