Pengaruh pembelajaran fiqih thaharah terhadap kemampuan praktik bersuci siswa SMP Plus Arroudhoh Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustiningrum, Silvy (2018) Pengaruh pembelajaran fiqih thaharah terhadap kemampuan praktik bersuci siswa SMP Plus Arroudhoh Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvy Agustiningrum_D91214101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pembelajaran fiqih thaharah SMP Plus Arroudhoh Sedati? (2) Bagaimana kemampuan praktik bersuci siswa SMP Plus Arroudhoh Sedati? (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran fiqih thaharah terhadap kemampuan praktik bersuci siswa di SMP Plus Arroudhoh Sedati? Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan banyaknya remaja yang belum mengerti tentang cara bersuci yang benar menurut syariat Islam. Terutama dalam hal berwudhu, mereka masih cenderung melakukan saja tanpa tahu apakah sudah sesuai dengan syariat Islam apa tidak. Karena pemahaman dan pengalaman yang mereka dapat dalam mempraktikkan bersuci tidak selalu sama. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa di SMP Plus Arroudhoh Sedati sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik prosentase dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase dan regresi linear sederhana, dapat disimpulkan bahwa: (1) Prosentase pembelajaran fiqh thaharah di SMP Plus Arroudhoh Sedati bernilai 75% termasuk dalam kategori “sangat baik”, (2) Prosentase kemampuan praktik bersuci siswa SMP Plus Arroudhoh Sedati bernilai 77%, termasuk dalam kategori “sangat baik”, (3) Dari hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran fiqh thaharah terhadap kemampuan praktik bersuci siswa SMP Plus Arroudhoh Sedati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustiningrum, Silvysilvy.agustin07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Wudu
Keywords: Pembelajaran, Fiqh Thaharah, Kemampuan, Praktik Bersuci
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agustiningrum Silvy
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:27
Last Modified: 10 Aug 2018 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26179

Actions (login required)

View Item View Item