Analisis implementasi mitigasi risiko pada pembiayaan murabahah di KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari Waru Sidarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijaya, Rere (2018) Analisis implementasi mitigasi risiko pada pembiayaan murabahah di KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari Waru Sidarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rere Wijaya_G74214062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan yakni bagaimana implementasi mitigasi risiko pada pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari Waru Sidoarjo. Kedua apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi mitigasi risiko di KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari, Waru Sidoarjo dan pertanyaan terakhir adalah apa implikasi dari implementasi mitigasi risiko pada pembiayaan murabahah di KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari Waru Sidoarjo terhadap kondisi keuangan KSU UJKS Rahmah Pulosari, Waru Sidoarjo. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif.Penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, mitigasi risiko pada pembiayaan murbahahah di KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari, Waru Sidoarjo menggunakan beberapa cara yakni dengan jaminan, transfer risiko, denda keterlambatan bayar bagi anggota yang mampu, serta pencadangan kerugian piutang (PPAP). Kedua, faktor pendukung dari mitigasi risiko di KSU UJKS Jabal Rahmah adalah sumber daya manusia berupa sifat cepat dan sigapnya pengurus KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari dalam menangani anggota yang telat membayar, dan penerapan system kekeluargaan antara anggota dengan pengurus koperasi. Faktor penghambatnya adalah kurangnya komunikasi antara pengurus dan pengelola, kurangnya pelatihan yang berkelanjutan, serta sulitnya mendapatkan informasi dari anggota. Implikasi dari penerapan mitigasi risiko pada pembiayaan murabahah di KSU UJKS Jabal Rahmah Pulosari Waru Sidoarjo adalah laba yang didapatkan dari KSU UJKS Jabal Rahmah. Selain itu implikasi negatifnya adalah lamanya pengembalian dana pinjaman dari anggota karena penerapan sistim kekeluargaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijaya, Rerererewijaya2203@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Koperasi
Keywords: Mitigasi Risiko
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wijaya Rere
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:22
Last Modified: 07 Aug 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26190

Actions (login required)

View Item View Item