PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MATERI BERTELEPON MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS III A MI ROUDLOTUL BANAT SEPANJANG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Novita Dewi (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MATERI BERTELEPON MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS III A MI ROUDLOTUL BANAT SEPANJANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dikarenakan oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa karena pengambilan materi yang hanya dari buku paket, pembelajaran yang monoton, serta guru kurang variatif dalam menggunakan metode. Akibatnya, nilai rata-rata kelas hanya 65 karena siswa malas dan mengalami kejenuhan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini akan dapat berdampak pada keterampilan siswa untuk berbicara menjadi sangat terbatas karena siswa mengalami kesulitan, serta rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa yang masih dibawah KKM yaitu .
Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode cooperative script pada siswa kelas III A MI Roudlotul Banat ? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia materi bertelepon pada siswa kelas III A MI Roudlotul Banat ?
Metode yang dipakai PTK (Peneletian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan di MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo pada kelas III A dengan 21 jumlah siswa, yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menurut Kemmis dan Mag Taggart, yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, lembar kerja, angket, dokumentasi. Data unjuk kerja siswa dianalisis berdasarkan rumus persentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode cooperative script meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas III A MI Roudlotul Banat Sepanjang Sidoarjo. Peningkatan keterampilan berbicara siswa terlihat dari keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran dari meningkatnya rata-rata kelas yang semula kurang dari KKM yaitu 65 meningkat menjadi 69,28 pada siklus I hasil tersebut tergolong baik dan 80,47 pada siklus II dengan berbantuan media telepon benang hasilnya meningkat menjadi sangat baik. Aspek pada keterampilan berbicara yang dinilai juga mengalami peningkatan, terbukti dengan adanya hasil unjuk kerja siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71,42% menjadi 85,71% pada siklus II. Dengan menerapkan metode cooperative script dapat meningkatkan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di kelas IIIA MI Roudlotul Banat, kondisi ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas siswa sebesar 14%, dari 73% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II, dan untuk aktivitas guru meningkat sebesar 6%, dari 87% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Novita DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Berbicara; Bahasa Indonesia; Metode Cooperative Script
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 22:42
Last Modified: 07 Nov 2015 22:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item