Resiliensi pada lansia yang ditinggal mati pasangan hidupnya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Rizqa Familia (2018) Resiliensi pada lansia yang ditinggal mati pasangan hidupnya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqa Familia Oktaviani_J01214023.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus penelitian yaitu bagaimana gambaran resiliensi pada lansia yang ditinggal mati pasangan hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatanstudi kasus dan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan kepada subjek dan significant other yang didukung dengan dokumentasi. Subjek penelitian adalah lansia yang ditinggal mati pasangan hidupnya. Hanya ada satu subjek yang dijadikan sumber informasi yangmemiliki 2significant other. Dari hasil temuan data diperoleh kesimpulan subjek memiliki gambaran resiliensiberdasarkan aspek atau komponen yang ada pada resiliensi, diantaranya adalah regulasi emosi (emotion regulation), optimisme (optimism), empati (emphaty), efikasi diri (self efficacy), kontrol terhadap impuls (impuls control), kemampuan menganalisis masalah (causal analysis)yang dirasakan subjek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Rizqa FamiliaRf.rizqa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Kematian
Psikologi
Keywords: Resiliensi; lansia; pasangan hidup
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Oktaviani Rizqa Familia
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:37
Last Modified: 07 Aug 2018 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26249

Actions (login required)

View Item View Item