Metodologi tafsir al-Qur'an Bahasa Koran karya A. Musta'in Syafi'i

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Hidayati (2018) Metodologi tafsir al-Qur'an Bahasa Koran karya A. Musta'in Syafi'i. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayati_E73214027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah, metodologi penafsiran yang digunakan oleh A. Must’in Syafi’i dalam bukunya Tafsir Al-Qur’an Bahasa Koran. Dalam pelitian ini menjelaskan tentang metode dan corak yang digunakan A. Musta’in Syafi’i. Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi meode dan corak penafsiran yang digunakan A. Musta’in Syafi’i dalam menafsirkan kitab Tafsir Alqur’an Bahasa Koran . Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan metode deskriptif-analisis dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber penelitian ini adalah Literer (pustaka). Data dikumpulkan melalui dokumentasi. Analisis data mengunakan metode content analysis (analisis isi). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa studi ini membahas tentang Tafsir al-Qur’an Bahasa Koran yang ditulis A. Musta’in Syafi’ie, salah seorang mufassir yang muncul di era tahun 2000-an, yang konsen terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah mendiskusikan metode corak tafsir yang ada dalam buku Tafsir al-Qur’an Bahasa Koran. Dalam menjawab permasalahan penelitian kepustakaan ini, peneliti menggunakan metode deskriptif-analisis dengan cara menggambarkan data-data yang ditemukan secara apa adanya dan mengkonstruksinya melalui kategorisasi atau pengelompokan sesuai dengan data yang tepat. Sepanjang penelusuran dan pembahasan data yang didapat. Penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa metode yang digunakan adalah metode analisis (Tahlili), dan corak yang digunakan dalam kitab Tafsir al-Qur’an Bahasa Koran, adalah corak Al-adabi Ijtima’i dan fiqhy. Penggunaan corak Al-adabi Ijtima’i adalah seperti pada QS. Al-baqarah ayat 6 dan 7 di kontekskan dengan rambu lalu lintas. Adapun bukti corak fiqhy adalah pada QS. Al-Baqarah ayat 29 yang menjelaskan hukum memakan jerapah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Hidayatihidayati.id96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: metodologi; metode; Corak penafsiran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hidayati Hidayati
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:08
Last Modified: 07 Aug 2018 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item