Peran organisasi pemuda dalam menangkal radikalisme: studi pada GP Ansor Kota Surabaya periode 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solichun, Imam (2018) Peran organisasi pemuda dalam menangkal radikalisme: studi pada GP Ansor Kota Surabaya periode 2017-2021. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Solichun_F52916010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sering terjadinya aksi-aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikalisme. Isu yang akhir-akhir ini menjadi booming pasca aksi teror di kota Surabaya yang melibatkan anak usia pelajar. Masivnya Arus radikalisme ini mempertanyakan eksistensi organisasi pemuda dalam memainkan perannya. Penelitian ini dilaksanakan di GP Ansor kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pekembangan radikalisme di kota Surabaya. (2) mengetahui program-program GP Ansor kota Surabaya periode 2017-2021 dalam menangkal radikalisme (3) mengetahui peran GP Ansor dalam upaya menangkal radikalisme. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui berbagai sumber, baik primer melalui pengurus GP Ansor kota Surabaya maupun sekunder berupa dokumen-dokemen terkait GP Ansor kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) radikalisme dikota Surabaya cukup berkembang. Perkembangan ini dilihat dari proses penyebaran radikalisme yang cukup signifikan melalui proses pengkaderan/kaderisasi.(1) GP Ansor kota Surabaya berkomitmen menolak dan menangkal arus radikalisme dengan berbagai program, diantaranya: optimalisasi majlis dzikir dan sholawat (MDS); Optimalisasi kaderisasi pelatihan keterampilan; Cyber Army; kerjasama dengan berbagai pihak dan seminar ilmiyah. (3) Peranaktif GP Ansor kota Surabaya dalam menangkal radikalisme adalah melalui revitalisasi nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga melalui upaya kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Pemkot Surabaya, pihak keamanan dan pihak lain yang sepaham untuk bersama-sama menangkal arus radikalisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solichun, Imamkaisarliechun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemuda Islam
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Peran Organisasi Kepemudaan; GP Ansor Kota Surabaya; Radikalisme
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Solichun Imam
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:28
Last Modified: 07 Aug 2018 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26277

Actions (login required)

View Item View Item