Penilaian keadilan distributif menurut korban bencana banjir lumpur lapindo di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Ananda Saadatul (2018) Penilaian keadilan distributif menurut korban bencana banjir lumpur lapindo di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Saadatul Maulidia_J91214101.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menemukan bentuk penilaian keadilan distributif menurut korban bencana lumpur lapindo di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam. Partisipan penelitian ini adalah korban bencana banjir lumpur lapindo di Sidoarjo. Ada tiga partisipan yang dijadikan sumber informasi dan masing-masing memiliki satu significant other. Penelitian ini menemukan beberapa temuan, yaitu pada masing-masing partisipan memiliki penilaian keadilan distributif yang berbeda-beda. Partisipan pertama menganggap bahwa ganti rugi yang diberikan sudah adil. Sedangkan pada partisipan kedua dan ketiga menganggap tidak adil karena belum mengembalikan kesejahteraan korban. Penilaian keadilan distributif dari ketiga partisipan tersebut dipengaruhi oleh faktor situasi, harapan dan karateristik penilai.Selain itu juga ditemukan temuan terbaru di lapangan bahwa terdapat penilaian keadilan prosedural yakni terkait dengan proses pembayaran ganti rugi. Ketiga partisipan menilai adanya ketidakadilan prosedural dikarenakan proses pembayaran yang lama dan tidak sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati.Penilaian tidak adil tersebut membuat ketiga partisipan turut melakukan demonstrasi dimana demontrasi merupakan salah satu bentuk dari deprivasi relatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Ananda Saadatulanandamaulidia0@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Konflik sosial
Psikologi
Psikologi Sosial
Keywords: Penilaian Keadilan, Keadilan Distributif, Korban Lumpur Lapindo
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Maulidia Ananda Saadatul
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:47
Last Modified: 07 Aug 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26285

Actions (login required)

View Item View Item