Pengaruh jumlah pembiayaan murābahah dan non performing financing (NPF) terhadap profitabilitas Bank Syariah : studi kasus di Bank BNI Syariah Tahun 2014 - 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusnanto, Hendro (2018) Pengaruh jumlah pembiayaan murābahah dan non performing financing (NPF) terhadap profitabilitas Bank Syariah : studi kasus di Bank BNI Syariah Tahun 2014 - 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hendro Kusnanto_G74214046.pdf

Download (2MB)

Abstract

SSkripsi yang berjudul “Pengaruh Pembiayaan Murābahah dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Profitabilitas Bank Syariah (studi kasus pada bank BNI Syariah Tahun 2014-2017)” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengaruh Pembiayaan Murābahah dan NPF terhadap Profitabiltas pada Bank BNI Syariah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Objek dalam penelitian ini adalah Bank BNI Syariah dengan sampel 48. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi Pembiayaan Murābahah dan NPF, sedangkan variabel terikanya yaitu profitabilitas ROA. Metode uji dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan alat uji aplikasi komputer SPSS v.23, untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik yaitu uji t(parsial) dan uji f(simultan) Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua variabel bebas, secara parsial keduanya berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA bank BNI syariah, karena nilai signifikasi dari kedua variabel kurang dari 0,05 atau 5% yakni Pembiayaan Murābahah 0,000 < 0,05 dan NPF 0,000 < 0,05 terhadap profitabilitas ROA. Sedangkan hasil uji simultan Pembiayaan Murābahah dan NPF memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas ROA, karena nilai f hitung > t tabel yaitu 7,965 > 3,20 dan nilai sig < a yaitu 0,001 < 0,05. Nilai dari koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,261 atau 26,1% ini menunjukkan bahwa variabel bebas (Pembiayaan Murābahah dan NPF) berpengaruh terhadap naik turunya profitabilitas sebesar 26.1%. sedangkan sisanya sebesar 73,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel NPF lebih berpengaruh dalam mempengaruhi Profitabilitas ROA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembiayaan Murābahah dan NPF merupakan faktor penting dalam mengambil kebijakan dalam meningkatkan kinerja Bank. Maka dari itu perlu dicermati keadaan Pembiayaan Murābahah dan NPF agar tidak terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusnanto, Hendrohendrokusnanto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Pembiayaan Murābahah, Non Performing Financing (NPF), Return on Asset (ROA).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kusnanto Hendro
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:30
Last Modified: 07 Aug 2018 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item View Item