Instagram Stories sebagai media Self Disclosure mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavianti, Mutiara Ayu (2018) Instagram Stories sebagai media Self Disclosure mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Ayu Oktavianti_B76214078.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada dasarnya pengungkapan diri terjadi karena adanya rasa percaya dan rasa nyaman kepada orang lain. Namun, dalam instagram story sebagian Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSA melakukan pembukaan sedangkan instagram merupakan ruang publik yang dapat dikonsumsi oleh banyak orang. Hal tersebut berarti keterbukaan diri dibagikan kepada semua orang. Untuk itu perlu diketahui apa bentuk dan tujuan dari keterbukaan yang dilakukan oleh para pengguna instagram dalam instagram story dan dampak seperti apa yang akan dihasilkan. Fokus penelitian ini mengenai keterbukaan diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk menjabarkan fokus penelitian tersebut secara mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktif. den teori self disclosure jendela johari. Hasil Penelitian ini adalah Pertama bentuk self disclosure Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel adalah a) terbuka, b) tersembunyi c) gelap. Kedua, tujuan dari self disclosure Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel adalah a) untuk menjernihkan diri, b) aktualisasi diri, c) ajang pamer. Dan yang ketiga, dampak yang ditimbulkan dari self disclosure Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampelberupa dampak positif dan negatif. Dampak positif yang ditimbulkan adalah dapat memotivasi seseorang dan merubah diri seseorang untuk menjadi lebih baik. Sedangkan, dampak negatifnya adalah menjadikan orang lain tidak nyaman bahkan terganggu dengan keterbukaan yang disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavianti, Mutiara Ayuomutiarayu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Self Disclosure; Instagram Story
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Oktavianti Mutiara Ayu
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:20
Last Modified: 07 Aug 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26351

Actions (login required)

View Item View Item