Strategi pemasaran produk tabungan iB multiguna berdasarkan sifat wajib rasulullah di bank syariah Bukopin cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nordiana, Zhela (2018) Strategi pemasaran produk tabungan iB multiguna berdasarkan sifat wajib rasulullah di bank syariah Bukopin cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zhela Nordiana_G74214076.PDF

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Multiguna Berdasarkan Sifat Wajib Rasulullah di Bank Syariah Bukopin Cabang Sidoarjo” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi pemasaran produk tabungan iB Multiguna dan bagaimana strategi pemasaran produk tabungan iB Multiguna berdasarkan sifat wajib Rasulullah di Bank Syariah Bukopin Cabang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan responden yang merupakan staf pemasar dan staf lainnya yang mendukung penelitian yang dilakukan penulis di Bank Bukopin Syariah Sidoarjo. Hasil Penelitian yang diperoleh ialah strategi pemasaran yang digunakan di Bank Syariah Bukopin Cabang Sidoarjo dalam memasarkan produk tabungan iB Multiguna merupakan startegi bauran pemasaran 4 P yang meliputi 1) product yang memiliki keunggulan produk yang ditawarkan tidak ada biaya administrasi bulanan, gratis premi asuransi, terdapat 2 pilihan manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta produk yang tidak mengandung unsur riba, 2) Price, bagi hasil yang ditawarkan sesuai dengan rata-rata bank syariah lainnya, 3) Place, lokasi Bank Syariah Bukopin Cabang Sidoarjo yang terletak di Jalan Waru, Ruko Gateway A5-6 Sidoarjo merupakan lokasi yang sangat strategis, 4) Promotion, dalam penerapannya terdapat beberapa promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah Bukopin Cabang Sidoarjo yaitu dengan sales promotion, personal selling, publisitas, dan periklanan. Sedangkan penerapan sifat wajib Rasulullah saat berdagang yaitu s}iddiq, ama@nah, fat}a@nah dan tabli@gh mampu diterapkan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah strategi pemasaran produk tabungan iB Multiguna yang digunakan di Bank Syariah Bukopin Cabang Sidoarjo menggunakan strategi bauran pemasaran 4 P semuanya telah berjalan sesuai kriteria dari masing-masing strategi serta sudah berjalan dengan baik, lalu diiringi dengan penerapan sifat wajib Rasulullah yang sudah sesuai dalam memasarkan produk ini. Diharapkan dimasa yang akan datang produk tabungan ini dapat menarik lebih banyak lagi calon nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nordiana, ZhelaZhelanr@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi Pemasaran;Tabungan ib Multiguna;Sifat Wajib Rasulullah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nordiana Zhela
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:15
Last Modified: 07 Aug 2018 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item