Sejarah dan perkembangan pusat latihan dakwah(pld)yayasan hikmah kuching, sarawak tahun 1989-2018m

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustapha, Yusman bin (2018) Sejarah dan perkembangan pusat latihan dakwah(pld)yayasan hikmah kuching, sarawak tahun 1989-2018m. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusman bin Mustapha_A42212116.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, Sejarah dan Perkembangan Pusat Latihan Dakwah Hikmah pada tahun 1989-2018M. Dalam Skripsi ini ada tiga perkara yang diangkat sebagai rumusan masalah: yang pertama Bagaimana Sejarah berdirinya Pusat Latihan Dakwah Yayasan Hikmah. Yang kedua pula ialah Bagaimana Perkembangan Pusat Latihan Dakwah Yayasan Hikmah dan Perkembangan Sistem Pendidikan Pusat Latihan Dakwah Yayasan Hikmah. Yang ketiga ialah Bagaimanakah bentuk kontribusi para da’i yang berasal dari Pusat Latihan Dakwah Yayasan Hikmah terhadap dakwah di sarawak. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan perspektif historis dan Sosiologi untuk mendeskripsikan sejarah dan Perkembangan Pusat latihan dakwah yaitu melalui tahapan Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Histografi. Dalam skripsi ini menggunakan pendekatan historis untuk mengungkapkan kronologis bagaimana peristiwa masa lampau terjadi. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori peran supaya dapat mengetahui peran alumni pusat latihan dakwah terhadap islamisasi di sarawak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pusat Latihan Dakwah HIKMAH di dirikan pada tahun 1989M. Pusat Pusat Latihan Dakwah HIKMAH ini berkembang melalui tiga unsur pendidikan yang amat penting, yaitu ibadah untuk menanamkan iman, tabligh untuk menyebarkan ilmu, amal untuk mewujudkan kegiatan kemasyarakatan dalam kehidupan sehari-hari. Pendirian Pusat Latihan dakwah hikmah ini memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat, khususnya dalam penyebaran dan pengembangan agama Islam terutama di sarawak. Pusat Latihan dakwah hikmah ini berperanan dalam bidang pendidikan, dakwah dan sosial keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustapha, Yusman binyusmanmustapha554@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pusat Latihan Dakwah (HIKMAH)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mustapha Yusman bin
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:28
Last Modified: 08 Aug 2018 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26377

Actions (login required)

View Item View Item