Muzium Islam Sarawak: Sejarah dan perannya dalam menyebarkan informasi tentang Islam di Sarawak tahun 1992-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Muhammad Iqbal Hakim bin (2018) Muzium Islam Sarawak: Sejarah dan perannya dalam menyebarkan informasi tentang Islam di Sarawak tahun 1992-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal Hakim bin Ismail_A42212114.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam Skripsi ini ada tiga perkara yang diangkat sebagai rumusan masalah: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Muzium Islam Sarawak. (2) Apa saja informasi Islam yang ada di Muzium Islam Sarawak. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh Muzium Islam Sarawak. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan metode Sosiologi untuk mendeskripsikan sejarah Muzium Islam Sarawak yaitu melalui tahapan Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Dalam skripsi ini menggunakan pendekatan historis untuk mengungkapkan kronologis bagaimana peristiwa masa lampau terjadi. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori peran dan teori “Continuity And Change” supaya dapat mengetahui peran serta keberlanjutan bangunan Muzium Islam Sarawak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Sejarah berdirinya Muzium Islam Sarawak adalah karena faktor pentingnya sebuah museum Islam diwujudkan yang berperan sebagai menjaga dan memelihara khazanah Islam yang ada di Sarawak. Menjadi wadah yang dapat menyelesaikan masalah kekeliruan yang timbul serta menyebarkan informasi Islam agar masyarakat dan pengunjung mendapat hasil dari suatu kunjungan. (2) Manfaat Muzium Islam Sarawak terhadap pembelajaran sejarah, masyarakat dan kebudayaan yang memfokus kepada manfaat Muzium Islam Sarawak yang dapat memberi sesuatu kepada masyarakat, pendidikan dan kebudayaan di Sarawak. (3) Antara salah satu faktor utama yang mendukung Muzium Islam Sarawak adalah dari pemerintah dimana melihat kepada hasil khazanah Islam yang ada di Sarawak serta diinspirasikan dari museum-museum Islam yang ada di eropa, maka pemerintah menggunakan kebijaksanaan mereka dengan mewujudkan Muzium Islam Sarawak sebagai satu pusat yang mampu memberi sumbangan kepada masyarakat baik berupa informasi sejarah agar bisa dijadikan sebagai tempat rujukan dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Muhammad Iqbal Hakim binmuhammadiqbalhakim@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Muzium Islam Sarawak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ismail Muhammad Iqbal Hakim Bin
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:33
Last Modified: 08 Aug 2018 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item