Implementasi pendidikan life skill pada kegiatan ekstrakurikuler kelompok ilmiah remaja (KIR) studi multi kasus di MAN Lamongan dan SMKN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhoyyaroh, Siti (2018) Implementasi pendidikan life skill pada kegiatan ekstrakurikuler kelompok ilmiah remaja (KIR) studi multi kasus di MAN Lamongan dan SMKN 1 Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Mukhoyyaroh_F02316259.pdf

Download (49MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Pendidikan Life Skill pada Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) (Studi Multi Kasus di MAN Lamongan dan SMKN 1 Lamongan). Adapun rumusan masalah adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pendidikan life skill pada kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN Lamongan, 2) Bagaimana implementasi pendidikan life skill pada kegiatan ekstrakurikuler KIR di SMKN 1 Lamongan, 3) Bagaimana perbedaan implementasi pendidikan life skill pada kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN Lamongan dan di SMKN 1 lamongan.Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di MAN Lamongan dan SMKN 1 Lamongan. Subjek penelitian adalah pembina kegiatan ekstrakurikuler KIR, anggota kegiatan ekstrakurikuler KIR, dan OSIS bidang KIR di MAN Lamongan dan SMKN 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbility, uji dependability, dan uji konfirmability.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan life skill pada kegiatan ekstrakurikuler KIR di MAN Lamongan dan SMKN 1 Lamongan adalah:1.Dalam tahap perencanaan kedua sekolah tersebut telah mengimplementasikan pedidikan life skill baik kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional melauli kegiatan musyawarah.2.Pada tahap pelaksanan, kedua sekolah tersebut melakukannya telah mengimplementasikan pedidikan life skill baik kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional melalui kegiatan belajar menulis karya ilmiah. Dalam belajar menulis karya ilmiah ini akan mengasah kemampuan siswa dalam berpikir rasional dan juga mengarahkan mereka pada kemampuan dalam bidang tertentu, yaitu bidang menulis.3.Dan pada tahap evaluasi kedua sekolah tersebut juga telah mengimplementasikan pedidikan life skill baik kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional melauli kegiatan musyawarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhoyyaroh, Sitimukhoyyaroh_rohim@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Implementasi pendidikan : life skill
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukhoyyaroh Siti
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:03
Last Modified: 07 Aug 2018 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26384

Actions (login required)

View Item View Item