Gaya komunikasi komunitas "PUNK MUSLIM" Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dunia, Ade Damarta (2018) Gaya komunikasi komunitas "PUNK MUSLIM" Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Damarta Dunia_B76214055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai fenomena gaya komunikasi komunitas “Punk Muslim” Surabaya dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Komunitas “Punk Muslim” Surabaya adalah sebuah komunitas subkultur Punk yang menerapkan Islam sebagai pola kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana gaya komunikasi yang dilakukan komunitas “Punk Muslim” Surabaya dan apa saja simbol & bentuk komunikasi komunitas “Punk Muslim” Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan memahami gaya komunikasi yang dilakukan komunitas “Punk Muslim” Surabaya dan untuk mendeskripsikan dan memahami simbol & bentuk komunikasi komunitas “Punk Muslim” Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi,. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara mendalam, pengamatan terlibat atau observasi, dan dokumentasi data primer. Teknik analisis data menggunakan empat alur kegiatan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penegasan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi yang dilakukan di komunitas “Punk Muslim” Surabaya merujuk pada gaya argumentatif. Selain itu juga ada gaya komunikasi Islami dan gaya komunikasi transisi dari punk menuju punk Islam Sedangkan simbol-simbol komunikasi di komunitas “Punk Muslim” Surabaya ada dua, yaitu simbol verbal yang terdiri bahasa lisan dan tulisan dan simbol nonverbal yang terlihat dari gaya berpakaian atau fesyen, gambar atau ilustrasi (artwork) perlawanan, dan musik perlawanan. Bentuk-bentuk komunikasi di komunitas “Punkmuslim” Surabaya adalah halaqah, rihlah, Punkajian, membuat artwork dan konten dakwah di media sosial dan website, kewirusahaan, dan acara kolaborasi dengan komunitas dakwah lokal dan nasional. Saran bagi komunitas “Punk Muslim” Surabaya (1) Mengembangkan gaya komunikasi komunitas “Punk Muslim” Surabaya yang tetap menjunjung tinggi semangat perlawanan subkultur Punk dengan tetap melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim dan meninggalkan segala yang dibenci Allah, (2) Meningkatkan ukhuwah Islamiyah baik di dalam ataupun di luar komunitas “Punk Muslim” Surabaya, sehingga masyarakat tahu keunikan gaya komunikasi komunitas “Punk Muslim” Surabaya, dan (3) Meningkatkan dakwah dan selalu menyebarkan kebaikan, sehingga anak Punk tidak selalu mempunyai stigma negatif di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dunia, Ade Damartaade.ddm@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Anak Jalanan
Komunikasi Islam > Komunikasi
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Gaya Komunikasi Komunitas Punk Muslim Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dunia Ade Damarta
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:31
Last Modified: 08 Aug 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item