Dengki dalam perspektif al Qur'an korelasi dengan teori Agresi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmah, Adkhana Faizzatur (2018) Dengki dalam perspektif al Qur'an korelasi dengan teori Agresi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adkhana Faizzatur Rokhmah_E73214023.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan karya tulis ini mengenai ayat-ayat dengki dalam al-Qur’an serta korelasinya dengan agresi. Dengki merupakan rasa iri hati atas nikmat yang dimiliki orang lain disertai dengan harapan supaya nikmat itu hilang dari orang tersebut, baik pendengki mendapatkan nikmat tersebut maupun tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan menggunakan pendekatan tematik analitis. Pendekatan ini dilakukan untuk menjelaskan kandugan ayat-ayat al-Qur’an secara keseluruhan dengan cara menghimpun ayat-ayat yang mempunyai pengertian yang sama. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengki yang dilakukan pada hal-hal yang dilarang akan menimbulkan keburukan. Dengki merupakan penyakit hati yang dapat membahayakan seseorang. Penyakit hati ini dapat ditampakkan secara z}a>hir yakni menjadi perilaku agresi atau perbuatan yang dapat menyakiti orang lain yang dilakukan secara sengaja. Korelasi dengan agresi ini dapat menjadikan pendengki atau orang yang didengki mengalami kerugian, baik secara psikis maupun fisik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmah, Adkhana Faizzaturrohmahfaiz11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Al Qur'an
Keywords: Dengki; al Qur'an; Agresi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rokhmah Adkhana Faizzatur
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:25
Last Modified: 07 Aug 2018 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item