Implikasi tilawah al-Qur'an terhadap ketenangan hati perspektif tafsir al-Misbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulqarnain, Iskandar (2018) Implikasi tilawah al-Qur'an terhadap ketenangan hati perspektif tafsir al-Misbah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Iskandar Dzulqornain_F52516115.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tilawah al-Qur’an adalah bagian dari ibadah paling utama yang disyari’atkan oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi ibadah paling agung yang menjadi sarana khusus mendekatkan diri kepada Allah. Dalam kesehatan rohani, banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an yang dapat diamalkan. Baik untuk pengobatan rohani maupun untuk pencegahan terhadap gangguan rohani. Al-Qur’an sebagai penyembuh penyakit rohani, yakni jika isinya diaplikasikan dalam kehidupan. Orang yang rohaninya tidak sehat seperti keraguan terhadap al-Qur’an sebagai petunjuk, munafik, berprilaku syirik, dan lain-lain. Allah sendiri menerangkan kepada kita hubungan erat antara bacaan ayat-ayat al-Qur’an dengan jiwa dan emosi seseorang yang mendengarkannya. Sehingga tak dirgukan lagi bahwa bertilawah Qur’an sebagai sarana dzikir kepada Allah tentunya dapat menyejukkan hati yang kering, menyeimbangkan hati yang tidak seimbang dan menenangkan hati bagi orang yang membaca, mendengar dan orang yang mengamalkannya. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kriteria tilawah al-Qur’an yang dapat mendatangkan ketenangan hati menurut tafsir al-Misbah karya M.Quraish Shihab. (2) Bagaimana implikasi tilawah al-Qur’an terhadap ketenangan hati menurut tafsir al-Misbah karya M.Quraish Shihab. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kriteria tilawah al-Qur’an yang dapat mendatangkan ketenangan hati menurut tafsir al-Misbah karya M.Quraish Shihab (2) Mengetahui implikasi tilawah al-Qur’an terhadap ketenangan hati menurut tafsir al-Misbah karya M.Quraish Shihab.Penelitian ini menggunakan metode maudhu’I (tematik) yang mana penulis mengumpulkan ayat-ayat dalam tafsir al-Misbah yang berkaitan dengan tilawah al-Qur’an dan ayat yang memiliki kesamaan dengan tilawah al-Qur’an, kemudia memberikan penjelasan yang terperinci sehingga semua ayat-ayat yang dikumpulkan diharapkan berujung pada satu maksud yang sama.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan . pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan sumber-sumber data primer dan sekunder serta sumber-sumber yang relevan. Teknik kajian disajikan secara analitis.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : kriteria tilawah untuk ketenangan hati yaitu diawali dengan membaca taawudz, menelaah makna ayat, membaca dengan harmonisasi nada-nada, memahami dengan hati. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa bertilawah al-Qur’an sebagai sarana dzikir kepada Allah tentunya dpat menyejukkan hati yang kering, menyeimbangkan hati yang tidak seimbang dan menenagkan hati bagi orang yang membacanya, mendengar dan seorang yang mengamalkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulqarnain, Iskandariskandardz1984@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Iman Kepada Allah
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tilawah al-Qur'an; ketenangan hati; tafsir al-Misbah
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Dzulqornain Iskandar
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:09
Last Modified: 07 Aug 2018 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26399

Actions (login required)

View Item View Item