Komunikasi dan integrasi masyarakat : studi pada desa Tambak Rejo dan Tambak Sawah Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiz, Muhammad Nur (2018) Komunikasi dan integrasi masyarakat : studi pada desa Tambak Rejo dan Tambak Sawah Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Faizin_B76214041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses komunikasi masyarakat Desa Tambak Rejo dan Tambak Sawah dalam integrasi masyarakat. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut, digunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan data mengenai komunikasi dan integrasi di Desa Tambak Rejo dan Desa Tambak Sawah. Menggunakan pendekatan kualitatif dan berlandas pada teori interaksionisme simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara dan observasi secara langsung dan mendalam. Data dilakukan pemeriksaan keabsahan datanya, kemudian dilakukan penyajian dan analisis data penelitian untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) komunikasi kelompok sebagai bentuk komunikasi dalam mengintegrasi masyarakat (2) pola komunikasi yang dilakukan masyarakat Desa Tambak Rejo dan Desa Tambak Sawah (3) musyawarah bersama sebagai media untuk proses komunikasi dalam upaya mengintegrasikan masyarakat.Kesimpulan penelitian ini proses komunikasi yang dilakukan masyarakat Desa Tambak rejo dan Desa Tambak sawah mengacu pada pola komunikasi linier yang dikemukakan Aristoteles, dan kemudian diaplikatifkan kepada masyarakat dengan menggunakan bentuk komunikasi kelompok. Dari situ proses integrasi masyarakat Desa Tambak rejo dan Desa Tambak sawah berjalan dengan baik.Bertitik tolak pada penelitian ini, rekomendasi yang diperkirakan dapat menjadi bahan pertimbangan adalah (1) perlu keterlibatan pemerintahan Desa Tambak Rejo dan Desa Tambak Sawah dalam mengintegrasi masyarakat (2) penelitian ini terbatas pada persoalan komunikasi kelompok, sementara aspek-aspek yang lainya tidak digali oleh peneliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiz, Muhammad NurFaizimyani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Faizin Muhammad Nur
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:26
Last Modified: 09 Aug 2018 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item View Item