Hadis tentang anjuran mandi sebelum salat jum'at (kajian ma‘anil al-Hadith dalam kitab sunnah Ibn Majah nomor indeks 1088 dengan pendekatan sosio-historis)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Nur Latifah (2018) Hadis tentang anjuran mandi sebelum salat jum'at (kajian ma‘anil al-Hadith dalam kitab sunnah Ibn Majah nomor indeks 1088 dengan pendekatan sosio-historis). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Latifah Rahmawati_E75214020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nur Latifah Rahmawati, Hadis tentang anjuran mandi sebelum salat jum'at (Kajian Ma‘anil al-Hadith dalam Kitab Sunnah Ibn Majah Nomor Indeks 1088 dengan Pendekatan Sosio-Historis)Mandi jum’at ialah mandi sunnah yang dilakukan dari terbitnya fajar pagi hari jum’at sampai sebelum berangkat salat jum’at. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas dan kehujjahan sanad dan matan hadis, pemaknaan hadis serta implikasi hadis tentang anjuran mandi sebelum salat jum’at. Dengan begitu akan dilakukan penelitian berdasarkan teori-teori dalam ilmu hadis agar mencapai pemahaman yang komprehensif.Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang mana datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dan pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Sunan Ibn Majah dengan dibantu kitab-kitab ilmu hadis lainnya. Kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, kritik sanad, dan kritik matan. Hasil dari penelitian ini yakni hadis tersebut yang no. Indeks 1088 berkualitas Sahih li dhatihi. Terdapat permasalah dengan lambang yang digunakan oleh ‘Umar Ibn ‘Ubaid yaitu lafaz‘an. Sebagian ulama menyatakan bahwa sanad yang mengandung huruf 'ansanadnya terputus. Namun ‘Umar Ibn ‘Ubayd bukan termasuk orang yang tertuduh dusta. Meskipun ‘Umar Ibn ‘Ubaid dinilai oleh para kritikus saduq akan tetapi kritikus lainnya banyak yang menilai ‘Umar Ibn ‘Ubaid sebagai perowi yang thiqah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Nur LatifahLatifahlala775@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mandi Jum’at: Pendekatan Sosio-Historis: Sunan Ibn Majah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rahmawati Nur Latifah
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:54
Last Modified: 07 Aug 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26415

Actions (login required)

View Item View Item