Pengaruh karakter spiritual dan kemandirian ekonomi santripreneur terhadap produktivitas santri di pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmah, Iftitachur (2018) Pengaruh karakter spiritual dan kemandirian ekonomi santripreneur terhadap produktivitas santri di pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Iftitachur Rachmah_G04214010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara karakter spiritual dan kemandirian ekonomi santripreneur terhadap produktivitas santri serta untuk mengetahui variabel bebas manakah yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas santri di Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan assosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 67 responden di Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Untuk menganalisis menggunakan suatu alat analisis yakni SPSS Ver. 24.0. Metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, uji regresi linear berganda, dan uji koefisien determinan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Untuk uji hipotesis sebesar 3.309 (Karakter Spiritual X1) dan 2.513 (Kemandirian Ekonomi X2), hal ini berarti secara parsial masing-masing variable berpengaruh positif terhadap Produktivitas Santri di Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Kemudian untuk uji simultan sebesar 70.399 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hal ini mengartikan secara bersama-sama variabel bebas berpengaruh positif signifikan terhadap variable terikat yakni Produktivitas Santri. Nilai R square sebesar 0,687 yang mengartikan bahwa pengaruh kedua variable bebas sebanyak 68,7% sedangkan sisa nya yakni sebesar 3,13% dipengaruhi variabel lain yang tidak di kaji dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmah, Iftitachuriftitachurrachmah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Pemberdayaan
Keywords: Karakter spiritual; kemandirian ekonomi; produktivitas santri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rachmah Iftitachur
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:56
Last Modified: 08 Aug 2018 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

View Item View Item