Metodologi tafsir al Quran Alazim karya Raden Pengulu Tabsir Anam V

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathirah, Annisaul (2018) Metodologi tafsir al Quran Alazim karya Raden Pengulu Tabsir Anam V. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Annisaul Fathirah_E03214018.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Karya tafsir merupahan suatu hasil dari proses untuk memahami pesan-pesan yang terkandung dalam Alquran. Dalam proses pembentukannya, tidak terlepas dari keadaan sosial, pemikiran, dan metode dari penafsirnya. Mufassir berhak membawa karyanya tersebut dengan kecondongan yang diinginkannya. Salah satunya yakni Tafsir al-Quran al-‘Azim. Oleh karena itu, penelitian ini diorientasikan untuk mengetahui metode dan pendekatan yang digunakan oleh Raden Pengulu Tabsir Anam V dalam memahami ayat-ayat Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dan wawancara. Untuk mengungkap metode dan pendekatan yang digunakan oleh Raden Pengulu Tabsir Anam V dalam Tafsir al-Quran al-‘Azim, penelitian ini dikaji dengan kerangka teori pendekatan dalam kajian tafsir. Yang dimaksud dengan metode pendekatan adalah pola piker (al-Ittijah al-Fikri) yang digunakan untuk membahas suatu permasalahan dalam sebuah karya Tafsir. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan Raden Pengulu Tabsir Anam V dalam tafsirnya adalah bila ditinjau dari segi sumber penafsirannya yakni menggunakan metode bi al-ma’tsur. Bila ditinjau dari segi cara penjelasannya termasuk dalam metode bayaani/ Deskripsi. Bila ditinjau dari segi keluasan penjelasan tafsirnya termasuk menggunakan metode Ijmali. Bila ditinjau dari segi sasaran dan tertib ayatnya termasuk metode Tahlili.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathirah, Annisaulfathirahannisaul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Metodologi; tafsir al Quran Alazim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fathirah Annisaul
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:44
Last Modified: 07 Aug 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26452

Actions (login required)

View Item View Item