Persepsi, preferensi, sikap dan perilaku nasabah lower class tentang financial technology (fintech) PT. BTPN Syariah area Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadliyah, Nur Suci (2018) Persepsi, preferensi, sikap dan perilaku nasabah lower class tentang financial technology (fintech) PT. BTPN Syariah area Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Suci Romadliyah_F12416281.pdf

Download (4MB)

Abstract

Financial technology (Fintech) merupakan keniscayaan dalam perkembangan aktivitas bisnis keuangan yang kemudian menjadi kebijakan strategis Bank Indonesia dalam memperluas jangkauan keuangan masyarakat. PT. BTPN Syariah sebagai bagian dari pelaku bisnis keuangan dengan segmentasi bisnis perempuan pra sejahtera turut menerapkan strategi perluasan jangkauan keuangan bagi masyarakat melalui program BTPN Wow Ib, Penelitian ini bertujuan mengkaji persepsi, preferensi, sikap dan perilaku nasabah lower class PT. BTPN Syariah tentang financial technology (fintech) dalam bentuk produk BTPN Wow Ib dengan jenis penelitian kualitatif melalui metode wawancara. Data primer diperoleh peneliti dari data/dokumen perusahaan dan jawaban-jawaban responden, baik itu stake holder maupun nasabah. Adapun data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi responden terhadap financial technology (fintech) berupa BTPN Wow Ib cenderung positif, dimana 90% responden mengetahui, 66% responden dapat mengoperasikan, 60% responden merasakan manfaat, 98% mendapatkan informasi dari petugas tentang BTPN Wow Ib, dan 46% responden mendapat dukungan lingkungan dengan menggunakan BTPN Wow Ib. Preferensi 64% responden memilih menggunakan produk BTPN Wow Ib dengan kecenderungan fitur jasa bernilai bisnis, dimana 46% responden tetap memilih transaksi langsung dengan petugas bank ketika forum Pertemuan Rutin Sentra (PRS), dan 18% yang selalu menggunakan produk BTPN Wow Ib. Sikap responden dilihat dari 86% responden mengetahui jenis fitur, 54% responden menyukai, dan 34% responden biasa menggunakan fitur produk BTPN Wow Ib. persepsi, preferensi dan sikap responden cenderung positif kemudian membentuk prilaku, dimana 52% responden tidak menggunakan fintech, kecuali produk BTPN Wow Ib, dan 30% responden bersedia mengajak orang lain untuk turut menggunakan produk BTPN Wow Ib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadliyah, Nur Suciromadiyah.alhannun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Teknologi
Keywords: Preferensi; sikap; perilaku; nasabah Lower Class; Financial Technology (Fintech)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Romadliyah Nur Suci
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:33
Last Modified: 07 Aug 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26474

Actions (login required)

View Item View Item