PENGGUNAAN MEDIA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AL-FATAH KEDUNGPANDAN JABON SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawardi, Kholid (2015) PENGGUNAAN MEDIA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AL-FATAH KEDUNGPANDAN JABON SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Laporan PTK, Kholid Mawardi, Fakultas Tarbiyah Program Studi PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tahun 2015
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui penggunaan media abakus dalam pembelajaran Matematika materi pembagian pada siswa kelas III MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan melakukan pembagian pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo dengan menggunakan media abakus.
Variabel yang menjadi sarana pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan melakukan pembagian pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan modal siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas III MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo yang berjumlah 21 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil ketuntasan siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 74% meningkat menjadi 88%. Hal ini dapat dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan PTK telah melampaui indikator kinerja yang ditentukan yaitu 85%. Adapun hasil tes formatif pada siklus I mencapai 71,43% meningkat menjadi 90,48%. Dari hasil tes formatif dapat dapat disimpulkan, bahwa hasil formatif pada siklus II telah melewati indikator kinerja yang ditentukan yaitu 85%.
Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi, bahwa 1) Guru diharapkan lebih terampil dalam pembelajaran yaitu dengan cara membuat media. Media belajar yang cocok dalam meningkatkan kemampuan melakukan pembagian bilangan tiga angka pada mata pelajaran Matematika adalah dengan menggunakan media abakus. 2) Meskipun materi pembagian bilangan tiga angka mata pelajaran Matematika sudah dilaksanakan, ada baiknya jika guru mengulang dalam kegiatan sebelum pembelajaran dimulai. Hal ini dilakukan agar siswa lebih lancar dalam perhitungan dan tidak lupa serta lebih teliti dalam mengerjakan soal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawardi, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Media; Abakus; Pembagian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 11 Nov 2015 03:15
Last Modified: 11 Nov 2015 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2648

Actions (login required)

View Item View Item