Penerapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) pada sistem akuntansi penjualan di CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alam, Muhammad Haris Azmi Nur (2018) Penerapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) pada sistem akuntansi penjualan di CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Haris Azmi Nur Alam_G92214033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) pada Sistem Akuntansi Penjualan di CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk (1) memahami sistem akuntansi penjualan di CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo, (2) mengetahui sistem akuntansi penjualan di CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo yang sesuai dengan Sistem Pengendalian Internal (SPI). Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, sehingga memperoleh gambaran mengenai objek secara faktual, akurat, dan sistematis. Kesimpulan penelitian ini menyatakan sistem pengendalian internal pada penjualan kredit CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo belum baik. Hal itu dikarenakan adanya direktur utama yang merangkap menjadi bagian penjualan dan bagian kredit, tidak memiliki komite audit atau pengawas, direktur utama, tidak adanya pemisahan fungsi bagian penjualan terhadap bagian kerani yang mengeluarkan surat pengiriman barang, bagian kredit tidak mengirimkan memo kepada bagian akuntansi untuk mengecek saldo piutang pelanggan, bagian akuntansi telah terpisah dari bagian penjualan dan bagian kredit, tidak adanya fungsi pengiriman barang dikarenakan CV. Jaya Langgeng menggunakan pihak eksternal untuk mengirimkan barang, tidak adanya otorisasi dari bagian penagihan terhadap piutang pelanggan, tidak terpisahnya bagian akuntansi dengan bagian kas, pencatatan ke dalam catatan akuntansi menggunakan dokumen sumber dan dilampiri dengan dokumen pendukung yang lengkap, pencatatan ke dalam catatan akuntansi dilakukan oleh bagian akuntansi, bagian akuntansi tidak mengirimkan pernyataan piutang kepada pelanggan untuk menguji catatan piutang, bagian akuntansi telah melakukan rekonsiliasi kartu piutang dengan buku pembantu yang dimiliki oleh direktur utama. Saran dalam penelitian ini untuk CV. Jaya Langgeng Trans Sidoarjo adalah pemisahan fungsi antara bagian penjualan dan bagian kredit, membuat memo tembusan dari bagian penjualan ke bagian kerani, membuat pernyataan piutang dan mengirimkannya ke pelanggan, membuat memo tembusan ke bagian kredit dari bagian kredit untuk mengecek saldo piutang pelanggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alam, Muhammad Haris Azmi Nurharisazmi061195@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem Pengendalian Internal; Sistem Akuntansi Penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Azmi Muhammad Haris
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:46
Last Modified: 08 Aug 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26489

Actions (login required)

View Item View Item