Teknik modelling dalam meningkatkan pembelajaran bina diri pada seorang anak tunagrahita down syndrom di SLB-AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Iis Maftuchatus (2018) Teknik modelling dalam meningkatkan pembelajaran bina diri pada seorang anak tunagrahita down syndrom di SLB-AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Iis Maftuchatus Sholichah_B93214103.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Fokus Penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling dengan teknik modelling dalam meningkatkan pembelajaran bina diri pada seorang anak tunagrahita down syndrom di SLB-AC Dharma Wanita Kecamatan Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil akhir proses konseling dengan teknik modelling dalam meningkatkan pembelajaran bina diri pada seorang anak tunagrahita down syndrom di SLB-AC Dharma Wanita Kecamatan Sidoarjo? Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisa deskriptif komperatif. Dalam menganalisa masalah penurunan tingkat pembelajaran bina diri konseli. Data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa kendala yang menyebabkan penurunan tingkat bina diri pada konseli adalah adanya pengaruh lingkungan sekolah yang berbeda dari lingkungan yang sebelumnya konseli berada, dan tidak teganya ibu konseli kepada konseli sehingga selalu memanja konseli dalam setiap kebutuhan bina diri konseli. Dalam penelitian ini, proses konseling yang terjadi menggunakan teknik modelling, dengan adanya pendekatan ini konseli diharapkan dapat mengubah perilakunya yang terjadi pada saat mengalami penurunan bina diri. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi. Melalui teknik modelling ini konseli dapat mengadaptasi perilaku dari model. Hasil akhir dari proses konseling dalam peningkatan bina diri ini dapat dikatakan cukup berhasil yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap dan perilaku konseli yang sebelumya sering bergantung pada orang lain, sekarang dapat mengontrol dirinya sendiri meski terkadang masih harus selalu diawasi dan selalu dibimbing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Iis Maftuchatusmaftuchatusiis@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Penyandang Cacat
Keywords: Teknik Modelling; Pembelajaran Bina Diri; Tunagrahita; Down Syndrom
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sholichah Iis Maftuchatus
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:13
Last Modified: 08 Aug 2018 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26493

Actions (login required)

View Item View Item