Analisis wacana pesan dakwah buletin ad dakwah edisi 523-526 tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muliawan, Muhammad Jihan (2018) Analisis wacana pesan dakwah buletin ad dakwah edisi 523-526 tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M Jihan Muliawan B01211047.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fokus Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pesan dakwah dalam buletin Ad dakwah edisi 523-526 tahun 2018.Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode Kulaitatif Non Kanca atau Teks Media. Setelah data diperoleh, data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Pada model ini, Van Dijk dalam menganalisis teks memiliki struktur tematik, skematik, semantic, sintaksis, stilistik, dan retoris. Dari hasil penelitian ini didapatkan Struktur analisis Van dijk, yaitu : Tematik, Tema dalam setiap edisi Buletin Ad Dakwah tidak menentu. Hal ini karena peneliti menemukan perbedaan tema setiap edisinya. Sintaksis, Bahasa sopan dan baku yang digunakan penulis bertujuan menghormati dalam berkomunikasi dengan pembaca. Stilistik, Style gaya Bahasa Indonesia yang Islami yang baku digunakan menunjukkan kesopanan dan upaya dari penulis untuk memberikan pemahaman terhadap pembaca tentang wawasan beragama.Retoris, Dalam Buletin Ad Dakwah setiap edisi hanya menggunakan metafora, tidak adanya grafis dan ekspresi dikarenakan bulletin Ad Dakwah cenderung mengedapankan teks.Penelitian ini hanya membahas pesan dakwah yang menggunakan metode analisis wacana model Teun A. Van Dijk sebagai metodenya, dalam bulletin ad dakwah. Selanjutnya pengaruh pesan dakwah dalam buku ini dapat menjadi bahan kajian peneliti berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muliawan, Muhammad Jihanjihannews60@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah : Analisis Wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muliawan Muhammad Jihan
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:17
Last Modified: 10 Aug 2018 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26497

Actions (login required)

View Item View Item