Analisis dan implementasi rumus Haversine dalam penentuan arah kiblat di Indonesia menggunakan trigonometri sphiral

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maftukhah, Binti (2018) Analisis dan implementasi rumus Haversine dalam penentuan arah kiblat di Indonesia menggunakan trigonometri sphiral. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Maftukhah_H92214025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Umat Islam berkewajiban penuh untuk melaksanakan salat lima waktu. Dalam menjalankan kewajiban tersebut, menghadap kiblat adalah sebuah keharusan karena menghadap kiblat menjadi salah satu syarat sahnya salat, seperti yang dijelaskan pada Q.S. Al-Baqarah (2):144. Akan tetapi, tidak ada ketentuan khusus yang di atur dalam al Qur’an atau Hadits yang secara eksplisit mengatur arah kiblat untuk setiap daerah yang didiami. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun dan mendapatkan penurunan rumus haversine untuk perhitungan arah kiblat dan membuat aplikasi mobile programming untuk mempermudah dalam penentuan arah kiblat di Indonesia. Penelitian dilalui dengan mengkaji berbagai jurnal, buku, dan literatur-literatur lain yang berhubungan. Hasil dari penelitian ini adalah perhitungan arah kiblat dari suatu tempat dititik B dapat digunakan rumus Hav B=(sin⁡(s-c) sin⁡(s-a))/(sin⁡a sin⁡c ). Hasil implementasi perhitungan arah kiblat di kota-kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Makassar berturut-turut 65°〖42〗^' 31.27'', 65°〖29〗^' 10.89'', dan 66°〖51〗^' 53.67''.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maftukhah, Bintibintimaftukhah24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Arah Kiblat; Rumus Haversine; Trigonometri Sphiral; Mobile Programming
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Maftukhah Binti
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:26
Last Modified: 07 Aug 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26518

Actions (login required)

View Item View Item