Analisis persepsi dan perilaku komunitas Madura Ampel terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nufus, Fidaun (2018) Analisis persepsi dan perilaku komunitas Madura Ampel terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fidaun Nufus_G94214169.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai persepsi, perilaku serta akselerasi komunitas madura ampel terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah di Kawasan Ampel Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan reponden terdiri dari 22 Orang Komunitas Madura Ampel, Customer Service BNI Syariah KCP Mikro Ampel dan Kasir dari pegadaian syariah di Ampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dari komunitas madura ampel adalah beragam, terkait dengan pemahaman mengenai lembaga keuangan syariah. Namun, untuk perilaku yang ditimbulkan masih kurang untuk mengapresiasi adanya lembaga keuangan syariah dikarenakan masih ada sebagian dari komunitas madura ampel yang lebih memilih jasa dari lembaga keuangan non syariah. Untuk hasil dari akselerasi komunitas madura ampel terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah di Kawasan Ampel juga belum signifikan menunjukkan ketercapaian. Hal itu dikarenakan jumlah nasabah komunitas madura ampel dari tahun ke tahun hasilnya sama, selalu naik turun (fluktuatif). Dengan tujuan untuk optimalisasi dan akselerasi lembaga keuangan syariah, diharapkan dari pihak lembaga keuangan syariah dan pemerintah dapat lebih mengoptimalkan sosialisasi mengenai lembaga keuangan syariah dan memberikan literasi keuangan dalam rangka akselerasi lembaga keuangan syariah di kawasan Ampel kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nufus, Fidaunfidahabsi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Persepsi dan Perilaku Komunitas Madura Ampel terhadap Keberadaan Lembaga Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nufus Fidaun
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:27
Last Modified: 07 Aug 2018 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26532

Actions (login required)

View Item View Item