Analisis perlakuan akuntansi pembelian aset di Yayasan Pendidikan Islam Ar Rohmah Putri Malang : studi kasus pembelian Yayasan Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munnauwaroh, Madinatul (2018) Analisis perlakuan akuntansi pembelian aset di Yayasan Pendidikan Islam Ar Rohmah Putri Malang : studi kasus pembelian Yayasan Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Madinatul Munnauwaroh_G02214010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Perlakuan Akuntansi Pembelian Aset di Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri Malang (Studi Kasus Pembelian Yayasan Tulungagung)”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang perlakuan akuntansi pembelian aset yayasan Tulungagung oleh yayasan pendidikan islam ar-rohmah putri Malang dan bagaimana analisis perlakuan akuntansi pembelian aset yayasan Tulungagung oleh yayasan pendidikan islam ar-rohmah putri Malang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif sehingga memperoleh gambaran mengenai objek secara faktual, akurat, dan sistematis. Hasil penelitian ini adalah dalam perlakuan akuntansi pembelian aset yayasan Tulungagung yayasan pendidikan islam ar-rohmah putri Malang belum mengakuinya sebagai aset di periode tersebut akan tetapi sebagai piutang dalam penyajian laporan keuangannya.Yayasan pendidikan islam ar-rohmah putri Malang mengakui aset yayasan Tulungagung tidak dengan nilai wajar akan tetapi sebesar nilai kas yang dikeluarkan tanpa memperhitungkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk aset tersebut siap digunakan. Akan tetapi sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan No. 16 pengakuan atas aset dapat menggunakan nilai kas yang dikeluarkan (harga perolehan) karena aset yang diterima tidak dapat diukur nilai wajarnya secara andal. Kesimpulan penelitian ini adalah yayasan pendidikan islam ar-rohmah putri Malang belum mengakui pembelian aset yayasan Tulungagung sebagai aset dan penyajiannya masih belum disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku alangkah baiknya yayasan pendidikan islam ar rohmah Malang sudah mengakuinya sebagai aset agar dapat memberikan informasi keuangan yang andal dan relevan serta dapat menjadikan yayasan Tulungagung anak cabang dari yayasan pendidikan islam ar rohmah putri Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munnauwaroh, Madinatulmadinahmunawaroh137@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: Perlakuan Akuntansi; Pembelian Aset
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Munnauwaroh Madinatul
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:39
Last Modified: 08 Aug 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26535

Actions (login required)

View Item View Item