Terapi realitas untuk membantu proses penyesuaian diri seorang santri di pondok pesantren terpadu al-yasini wonorejo pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Dewi Lailatul (2018) Terapi realitas untuk membantu proses penyesuaian diri seorang santri di pondok pesantren terpadu al-yasini wonorejo pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Lailatul Maghfiroh_B93214100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Terapi Realitas Untuk Membantu penyesuaian diri seorang santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Wonorejo Pasuruan? (2) Bagaimana hasil terapi Realitas untuk membantu Proses penyesuaian diri seorang santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Wonorejo Pasuruan ? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif, yakni membandingkan data teori dan data dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada terapi realitas untuk membantu proses penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren Al-Yasini Wonorejo Pasuruan dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi/follow up. Adapun teknik yang digunakan pada proses treatment adalah menggunakan teknik WDEP (Want, Doing, Evaluation dan Plans) . Kemudian konselor juga memberikan motivasi sebagai penguatan dengan rencana-rencana yang sudah dibuat oleh konseli. Hasil terapi realitas untuk membantu proses penyesuaian diri seorang santri di Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Wonorejo Pasuruan dapat ditunjukkan dengan hasil prosentase 81,1%. Hasil tersebut bisa dilihat dari adanya perubahan dari sikap perilaku konseli seperti Konseli sudah tidak memperdulikan ketika ada teman yang tidak menyukainya, konseli sudah mulai bersemangat serta tidak memikirkan kedua orang tuanya, Sudah memanfaatkan waktu luang digunakan untuk belajar, Sudah mulai bersedia minta bantuan kepada teman kamarnya untuk mengingatkan jika lupa akan tugasnya dan mengingatkan belajar serta kesediaan konseli untuk terus melakukan rencana-rencana yang telah dibuatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Dewi Lailatuldewilailatul020@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Realitas : Penyesuaian Diri dan Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Maghfiroh Dewi Lailatul
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:39
Last Modified: 08 Aug 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26557

Actions (login required)

View Item View Item