Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Penjajahan Belanda dengan metode Pair Check pada siswa Kelas V MI Raudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Tatik Nur (2018) Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Penjajahan Belanda dengan metode Pair Check pada siswa Kelas V MI Raudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tatik Nur Hidayah_D07214022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi Penjajahan Belanda pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil belajar yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Penjajahan Belanda, diambil tindakan pembelajaran melalui metode Pair Check. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V MI Raudlotul Banat Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi penjajahan Belanda setelah menggunakan metode Pair Check di MI Raudlotul Banat Sidoarjo? Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan cara wawancara terbuka dengan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah butir-butir soal tes. Analisis data, menggunakan analisis kualitatif deskriptif dari rumus peosentase, kemudian dinarasikan. Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut : (1) penerapan metode pair Check pada siswa kelas V MI Raudlotul Banat Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 69,23 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 75,9 (Cukup baik). Hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 75 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 79,6 (baik). (2) terdapat peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi penjajahan Belanda dengan metode Pair Check pada siswa kelas V MI Raudlotul Banat Sidoarjo. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 65 menjadi 81 pada siklus II serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 33,3% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 79,16 % jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Tatik Nurtatiknurhidayah3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Pair Check; Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hidayah Tatik Nur
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:44
Last Modified: 10 Aug 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item View Item